oleh

Jokowi: Selamat Jalan The Godfather of Broken Heart

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyampaikan duka citanya atas meninggalnya penyanyi campursari Dionisius Prasetyo atau yang biasa dikenal dengan nama Didi Kempot.

“Selamat jalan “the godfather of broken heart”,” tulis Jokowi dalam akun resmi instagramnya, Selasa (5/5/2020).

Dia pun mengenang saat Didi Kempot mengumpulkan donasi lewat konser amal secara online yang disiarkan Kompas TV pada 11 April. Jokowi menilai konser tersebut sangat membantu pemerintah dalam menangani Covid-19 dengan donasi yang dikumpulkan.

Baca juga: Sampaikan Duka Cita, Megawati Doakan Didi Kempot Husnul Khotimah

Selain itu, Jokowi menilai Didi Kempot sukses menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak mudik lewat lagu-lagu yang dibawakan saat konser amal. Dengan demikian mata rantai penularan Covid-19 akan terputus.

“Duka cita saya yang dalam kepada segenap keluarga besar Mas Didi Kempot, kepada para insan musik Indonesia, juga kepada seluruh sobat ambyar di mana pun berada,” tulis Jokowi.

“Semoga almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPR DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira turut mengenang sosok musisi dengan julukan The Godfather of Broken Heart itu. Menurut Andreas, Didi Kempot mampu membumikan musiknya menembus berbagai lapisan masyarakat.

“Beliau adalah seorang artis besar, seorang seniman grass root yang mampu menembus strata sosial penggemar seni musik di semua lapisan, dari pedagang di pasar, pengusaha besar sampai para menteri kabinet bahkan presiden pun mengenal Didi Kempot dengan musik khas campursari melankolisnya,” kata Andreas.

Dia mengenang Didi kala tampil dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan pada awal tahun 2020. Menurutnya, suara khas Didi bak menghipnotis seluruh peserta rapat yang hadiri kala itu.

“(Peserta) yang Jawa ikut melantunkan setiap lagu yang dinyanyikan sang Godfather, yang non Jawa ikut mendayu-dayu dalam alunan musik melankolik khas Didi Kempot,” ungkapnya.

Dirinya begitu terpana menyaksikan mulai dari pengurus partai daerah, elit partai nasional, para udangan, para menteri kabinet bahkan Presiden Jokowi ikut larut dalam alunan musik Didi Kempot.

“Saya yang non-Jawa, asli Flores NTT pun ikut larut menikmati lagu-lagu Didi Kempot seperti Solo Balapan, Pamer Bojo Anyar,” katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 sedang mengganas, Didi Kempot pun dengan caranya ikut berkontribusi menggelar konser amal. Bahkan ikut mengajak masyarakat untuk tidak mudik melalui lantunan lagunya.

Didi Kempot (53) meninggal dunia pada Selasa (5/5/2020) pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah. Ia kerap dijuluki para penggemarnya dengan nama Bapak Loro Ati Nasional, Bapak Patah Hati Indonesia, Lord Didi, dan yang terbaru disebut-sebut sebagai Godfather of Brokenheart.

Didi Kempot adalah anak dari pelawak terkenal, mendiang Ranto Edi Gude atau lebih dikenal dengan nama Mbah Ranto. Ia juga adik dari salah satu pelawak senior Srimulat, mendiang Mamik Pondang. (goek)

rekening gotong royong