Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pandaan

pdip jatim - presiden jokowi turun dari pesawat kepresidenanJAKARTA – Sehari setelah resepsi pernikahan putera sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, Presiden Joko Widodo bertolak dari Solo ke Surabaya. Rencananya, Jumat (12/6/2015) sore, Presiden Jokowi meresmikan tol Gempol-Pandaan (Gempan), Pasuruan.

“Setelah salat Jumat, presiden berangkat ke Gempol, peresmian tol di Gempol,” ujar Sekretaris Presiden Jokowi, Anggit Nugroho, di kediaman Jokowi, Jl Kutai Utara, Desa Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/6/2015).

Setelah dari Gempol, lanjut Anggit, Presiden Jokowi akan ke Jakarta. Dari Jakarta nanti Jokowi rencananya kunjungan ke Palimanan dan Lampung.

Soal tol Gempol-Pandaan, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Djoko Mursito mengatakan, ruas Gempol-Pandaan diharapkan membantu mempersingkat waktu tempuh warga yang melintasi Surabaya-Malang.

Beroperasinya jalan tol ini diharapkan bisa mengurai simpul kemacetan yang ada di jalan eksisting Surabaya-Malang. Dengan demikian, waktu tempuh dari Surabaya menuju Malang/Pasuruan atau sebaliknya, bisa dipersingkat.

Menurut Djoko, jalan Tol Gempol – Pandaan sepanjang 13,61 km menelan biaya investasi sebesar Rp 1,472 triliun.

Selain terhubung dengan Jalan Tol Pandaan – Malang, ruas Tol Gempol – Pandaan terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol – Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong – Gempol untuk ke arah utara. “Jalan Tol Porong – Gempol merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya – Gempol,” jelas Djoko. (goek)