Jokowi-Prabowo Bertemu, Megawati Bersyukur

JAKARTA – PDI Perjuangan mengapresiasi pertemuan kedua tokoh nasional, Joko Widodo dan Prabowo Subianto pasca kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan ertemuan tersebut menjadi ukuran peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Dengan pertemuan kedua pemimpin, PDI Perjuangan semakin meyakini bahwa jalan musyawarah demi persatuan Indonesia adalah pembumian penting dari demokrasi Pancasila,” kata Hasto, Sabtu (13/7/2019).

Hasto mengatakan, implikasi dari pertemuan Jokowi dan Prabowo dalam suasana penuh kegembiraan  dan disertai ucapan selamat secara langsung dari Pak Prabowo ke Pak Jokowi adalah kedamaian di tingkat akar rumput.

Bersama dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Hasto mengaku menyaksikan siaran langsung pertemuan kedua tokoh nasional tersebut.

“Beliau (Megawati) menyampaikan rasa syukurnya, dan sejak awal percaya kenegarawanan Pak Prabowo, sama halnya dengan keyakinan Ibu Megawati mengapa konsisten memberikan dukungan ke Pak Jokowi karena kepemimpinannya yang merangkul, berdialog dan berdedikasi bagi bangsa dan negara Indonesia,” papar Hasto.

Dengan pertemuan tersebut, maka PDI Perjuangan semakin optimis terhadap arah masa depan bangsa dan negara. Hasto mengatakan, ada hal lain yang lebih menggembirakan adalah bahwa demokrasi Pancasila bekerja baik.

“Gotong royong, musyawarah-mufakat, persatuan Indonesia, dan keluhuran budi para pemimpinnya telah menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk berdemokrasi dengan kultur Indonesia, yakni berdemokrasi dengan hikmat kebijaksanaan untuk kemajuan Indonesia Raya,” katanya.

“Ketika persatuan para pemimpin berproses menjadi persatuan nasional seluruh warga negaranya, maka hal tsb menjadi momentum penting bagi bangkitnya spirit dan kehendak nasional untuk berkemajuan bagi tanah air tercinta,” tambahnya.

Untuk diketahui, harapan dan dorongan berbagai pihak agar rekonsiliasi pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto segera terlaksana, kini sudah terwujud.

Keduanya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus yang kemudian dilanjutkan makan bersama di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019). (goek)