Jokowi: PDIP Partai yang Matang Secara Ideologi

DENPASAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji PDI Perjuangan sebagai partai yang sudah matang secara ideologi. Hal ini disampaikannya dalam Kongres V PDIP di Hoten Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Kamis (8 Agustus 2019.

“PDIP partai pelopor yang matang secara ideologi. Kuat sampai akar rumput, kadernya loyal dan militan,” kata Jokowi yang kembali terpilih di periode kedua ini setelah memenangi Pilpres 2019 lalu.

Jokowi tidak lupa mengucap syukur kepada Tuhan dan berteri makasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri serta seluruh jajarannya.

Baca: Megawati Buka Kongres V PDI Perjuangan

Sebab berkat kerja keras Megawati, PDIP bisa menang pemilu dua kali berturut-turut. Termasuk kemenangan dalam pilihan presiden lalu.

“Kita lihat PDI Perjuangan di bawah Ibu Mega. Beliau membuktikan kiprahnya sukses, dua kali berturut-turut menjadi pemenang. Tiga kali menang kalau dihitung dari yang pertama,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, di periode kedua masa kepemimpinannya nanti, dia berharap pemerintahannya kian kuat. Sebab tantangannya bertambah berat, mulai dari isu intoleransi, radikalisme, terorisme yang mengancam dunia dan Indonesia.

Baca juga: Di Matahari Terbit, Kader PDIP dari Berbagai Daerah Marakkan Kongres

Kemudian masalah ekonomi, persaingan ekonomi Amerika dan Tiongkok. Era industrialisasi 4,0, revolusi industri yang sangat radikal.

Artinya dunia mengalami perubahan yang dinamis, sehingga persaingan bertambah ketat. “Semua negara ingin jadi pemenangnya. Sehingga kita butuh kerja ekstra, kerja evektif, kerja efisien,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal pembangunan infrastruktur di periode pertama, kemudian rencananya fokus pada perbaikan sumber daya manusia (SDM) agar semakin unggul di periode keduanya nanti.

“Saya sungguh berharap di kongres ini, PDI Perjuangansebagai partai pendukung pemerintah menghasilkan keputusan penting,” ucapnya.

Jokowi tiba di arena Kongres V PDIP beberapa menit setelah kedatangan Megawati Soekarnoputri. Di hajatan lima tahunan PDIP ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Bali berwarna merah.

Kedatangan Jokowi langsung disambut sorak sorai para pendukung dan simpatisan PDIP yang menunggu di depan arena kongres. Tak hanya itu, tarian pendet dan alunan musik gamelan juga mengiringi kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (tof)