Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Segmen Pemilih

JAKARTA – Pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga di hampir semua segmen pemilih.

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI) menyatakan, pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan Prabowo-Sandi di segmen pemilih muslim, kalangan terpelajar, milenial, wong cilik, hingga emak-emak.

Peneliti LSI Ardian Sopa menyatakan pemilih muslim merupakan segmen terbesar dalam Pilpres 2019, mencapai 88,4 persen. Survei LSI terkini menunjukkan keunggulan Jokowi-Maruf di pemilih muslim masih terjaga.

“Saat ini, Jokowi-Maruf memperoleh dukungan di pemilih muslim sebesar 54,9-64,8 persen. Sementara Prabowo-Sandi dapat dukungan 35,2 persen-45,1 persen,” kata Ardian saat memaparkan hasil survei di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

LSI Denny JA juga menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga di kalangan pemilih terpelajar. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di pemilih terpelajar sebesar 48,5-58,4 persen sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 41,6-51,5 persen.

Selain unggul di kalangan pemilih terpelajar, Jokowi-Ma’ruf juga mengungguli Prabowo-Sandi di pemilih milenial (usia di bawah 40 tahun). Di segmen pemilih milenial, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 54,9-64,8 persen sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 35,2-45,1 persen.

“Pemilih milienial (usia dibawah 40 tahun) adalah salah satu kantong pemilih Jokowi-Ma’ruf. Sejak Agustus 2018, Jokowi-Maruf juga unggul dari pasangan Prabowo-Sandi di pemilih milenial,” lanjut dia.

Untuk segmen pemilih masyarakat menengah ke bawah atau “wong cilik”, saat ini dukungan Jokowi-Maruf di segmen ini dalam rentang 60,9-70,8 persen. Sementara dukungan Prabowo-Sandi di pemilih wong cilik dalam rentang 29,2-39,1 persen.

“Dukungan Jokowi-Maruf di pemilih emak-emak dalam rentang 59,9-69,8 persen. Sementara dukungan terhadap Prabowo-Sandi di pemilih emak-emak, dalam rentang 30,2-40,1 persen,” lanjut dia.

Ardian Sopa juga mengatakan, hasil survei LSI Denny JA menyatakan ada enam program Jokowi yang sukses mendongkrak elektabilitasnya.

Keenam program itu ialah Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan (PKH), pembangunan infrastruktur, Dana Desa, dan Beras Sejahtera.

“Mayoritas publik suka dan puas dengan program-program sukses Jokowi yang populer,” ujarnya.

Berdasarkan survei, sebanyak 83,3 persen responden suka dengan KIS. Sementara itu, sebanyak 80,2 persen suka dengan KIP. Sedangkan sebanyak 67,9 persen responden menyatakan suka dengan PKH.

Kemudian, sebanyak 67,2 persen responden menyukai pembangunan infrastruktur di era Jokowi. Lalu, sebanyak 66,1 persen responden menyukai program Dana Desa. Selain itu sebanyak 63,7 persen menyatakan suka dengan program Beras Sejahtera. Survei ini dilakukan pada 4-9 April dengan melibatkan 2.000 responden melalui wawancara tatap muka. Survei menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi dengan margin of error kurang lebih 2,2 persen. (goek)