Jokowi: Marhaban ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

JAKARTA – Menyambut bulan Ramadan, Senin (6/5/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosialnya menciut ucapan Marhaban ya Ramadan: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi seluruh umat Muslim di tanah air.

“Dari puasa — dan dalam berpuasa — kita berlatih untuk menahan hawa nafsu, hasrat, dan keinginan duniawi, dan turut merasakan keterbatasan orang tak berpunya. Juga, kesempatan tak terkira untuk menimba pahala yang berlipat ganda di bulan suci,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi dan fanpage facebooknya yang diunggahnya Minggu (5/5/2019) malam.

Dalam cuitan itu, Jokowi menyertakan sebuah video bertuliskan, “Marhaban ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”.

Pada Minggu malam, Jokowi melaksanakan ibadah salat tarawih pertamanya di bulan Ramadan 1440 Hijriah, di Masjid Jenderal Besar Soedirman di komplek Museum Peta, Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad), Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dengan menggunakan baju koko, sarung, serta peci, Presiden Jokowi tiba di lokasi pada pukul 18.50 WIB disambut Ketua DKM Masjid.

Sebelum melaksanakan salat tarawih, terlebih dahulu Presiden melaksanakan salat Isya berjemaah. Setelah itu, Presiden mengikuti salat tarawih yang berjumlah 11 rakaat.

Selesai tarawih pada pukul 20.30, Presiden pun meninggalkan Masjid Jenderal Besar Soedirman untuk kemudian kembali ke Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor. Sebagaimana diberitakan sebelumnya melalui sidang Isbat yang digelar Minggu (5/5/2019) malam, pemerintah menetapkan awal bulan Ramadan (1 Ramadan) jatuh pada Senin (6/5/2019). (goek)