Jokowi: Makin Banyak Nama Calon Menteri Masuk, Akan Lebih Baik

SUKOHARJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan soal pembentukan Kabinet Kerja Jilid 2 untuk periode 2019-2024 sudah mulai masuk nama-nama kandidatnya.

“Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon itu, dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan memilihnya akan menjadi semakin mudah,” kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi di sela menikmati kuliner ayam goreng sambal blondo di warung makan Mbah Karto, Sukoharjo, Minggu (28/7/2019).

Menurut Jokowi banyak nama-nama calon menteri dan semakin banyak alternatif akan lebih baik.

Dia menambahkan, kabinet kerja periode mendatang akan banyak warna, tenaga muda-muda. Hal ini untuk menghadapi perkembangan dunia sangat dinamis, sehingga diperlukan energi yang ekstra untuk merespon permasalahan ke depan.

Menyinggung soal pembentukan Kabinet Kerja 2 apakah ada rencana perampingan, kata Jokowi, pihaknya belum sampai kesana.

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebelumnya mengemukakan, pihaknya menyambut baik langkah Presiden Jokowi yang meminta daftar calon menteri kepada partai-partai pengusungnya di Pilpres 2019.

Hasto menilai langkah tersebut ditempuh Jokowi untuk mencari sosok terbaik di kabinetnya. Hasto menyatakan, Jokowi mencari sosok menteri yang memiliki jiwa kepemimpinan dan keberanian dalam mengeksekusi program.

“Penyusunan kabinet dilakukan dengan mempertimbangkan leadership, kecepatan gerak, kemampuan mengambil risiko, kemampuan manajerialnya,” ujar Hasto saat di Bandung, Sabtu (27/7/2019).

Hasto mengatakan, komposisi kabinet tak hanya diukur dari jumlah perolehan suara partai, tetapi juga kompetensi sosok yang disodorkan kepada presiden. Oleh karena itu, penting bagi presiden untuk mengecek latar belakang dan rekam jejak calon menterinya.

Dia menambahkan, nantinya daftar nama calon menteri yang masuk akan dibicarakan Presiden Jokowi bersama para ketua umum partai pengusung di Pilpres 2019.

“Itu kepemimpinan Pak Jokowi. Kami juga percaya sebelum nama-nama itu diserahkan kami (partai-partai) akan bicara desain dari kabinet,” tuturnya. (goek)