Jokowi: Kita Tidak Mudik karena Kita Sayang Keluarga

JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali mengimbau masyarakat untuk tidak mudik Lebaran demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Kali ini imbauan disampaikan Jokowi lewat unggahan di akun media sosial Facebook, Twitter dan Instagram resminya, Sabtu (9/5/2020).

Jokowi mengatakan, hari-hari ini, pada tahun-tahun yang lampau, masyarakat biasanya sedang menanti-nanti saat untuk mudik Lebaran ke kampung halaman untuk bertemu orang tua dan kerabat.

Tapi, ia mengingatkan bahwa tahun ini kondisinya berbeda. Sebab, dunia tengah dicengkeram pandemi Covid-19. “Tidak mudik adalah cara paling bijaksana untuk melindungi keluarga di kampung,” tulis Jokowi.

Bersama tulisan itu, Jokowi juga mengunggah sebuah video berdurasi 4 menit 36 detik yang menjelaskan bagaimana mudik dapat menjadi medium penyebaran virus corona.

Video itu menegaskan bahwa para pemudik sangat beresiko terpapar virus corona dan membawa penyakitnya kepada orang tua, sanak saudara dan tetangga di kampung halaman.

Oleh karena itu, Jokowi berharap masyarakat dapat menunda mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah sendiri sebelumnya telah menerbitkan aturan terkait larangan mudik.

“Dengan bersabar menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Kita tidak mudik karena kita sayang kepada keluarga,” kata Jokowi. (kompas)