Jokowi-JK Unggul di Kota Santri

Jokowi di Ponpes DenanyarJOMBANG – Penyumbang suara bagi pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Jombang. Kemenangan suara Jokowi-JK dalam pemilu presiden 9 Juli lalu merata di bumi pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang dikenal dengan Kota Santri ini.

“Suara Jokowi-JK meraih kemenangan merata di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang, termasuk di antaranya di beberapa basis NU,” jelas Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Jombang, Masrur, Sabtu (12/7/2014).

Sesuai rekapitulasi Tim Data Centre PDI Perjuangan Kabupaten Jombang, pasangan Jokowi-JK meraih kemenangan 410.894 atau setara 57,56 %. Sedangkan dukungan untuk Prabowo-Hatta 302.997 suara atau setara 42,44 %.

Menurut Masrur, saat ini pihaknya terus berusaha memperbarui data sesuai dengan form C1 yang diserahkan saksi Tim Jokowi-JK. “Kendala penyerahan form C1 hanya pada jauhnya lokasi TPS maupun PPS, tapi pihak Tim meyakini bahwa 100% form C1 telah dipegang oleh saksi se-Jombang,” paparnya.

Tim Data Centre PDI Perjuangan setempat juga menyebutkan jumlah suara sah mencapai 723.250 suara dan suara tidak sah mencapai 9.359 suara. Tim juga telah mencatat adanya indikasi kecurangan jelang pilpres adanya pembagian beras jelang coblosan di beberapa wilayah Jombang.

“Atas keunggulan sementara ini, kami tim pemenangan mengimbau kepada seluruh saksi dan relawan untuk terus memantau dan mengawal seluruh proses perhitungan,” imbau Masrur. (ven)