Jokowi-JK Tak Gentar Hadapi Keroyokan

jokowi JK benderaJAKARTA – Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, PDI Perjuangan sudah terbiasa ‘dikeroyok’ parpol lain dalam perhelatan pemilu. Meski pendukung pasangan Jokowi – Jusuf Kalla hanya 4 parpol, keduanya menyatakan tidak gentar dan siap bersaing menghadapi pasangan Prabowo-Hatta yang didukung 6 parpol.

“Kita ini kan sudah sering dikeroyok, tapi kalau rakyat berada di belakang kita, saya meyakini Insya Allah,” kata Jokowi, di arena Rakornas PDI Perjuangan di Hotel JS Luwansa, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (20/5/2014).

Pun demikian yang disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada wartawan peliput rakornas. Menurut Mega, PDI Perjuangan siap bersaing dengan koalisi parpol pengusung Prabowo-Hatta di pemilu presiden 9 Juli depan.

“PDI Perjuangan kan biasa dikeroyok ya. Iya lah, jadi ya sudah,” ujar Megawat.

Capres Jokowi yang diusung PDI Perjuangan, partai Nasdem, PKB, dan Partai Hanura yakin, masyarakat Indonesia saat ini sudah cukup cerdas. Mereka tidak akan menilai capres dari banyak sedikitnya parpol, namun lebih kepada isi kerja samanya.

“Kerjasamanya adalah kerjasama ramping dan tanpa syarat. Inilah yang kita bangun, bukan banyak-banyakan parpol,” kata Jokowi.

Meski hanya diusung 4 parpol pendukung, bersama JK dia optimistis tetap dapat memenangkan pemilu jika didukung masyarakat. “Sebuah kerjasama yang ramping tetapi didukung oleh rakyat dan didukung oleh masyarakat. Itu saja,” tegasnya.

Sementara, untuk menghadapi pemilu presiden 2014, Megawati mengungkapkan, selama 10 tahun terakhir PDI Perjuangan telah menyiapkan upaya pemenangan pilpres 2014. Oleh karena itu, saat ini PDI Perjuangan tinggal melanjutkan strategi pemenangan yang sudah disiapkan.

“Buat PDI Perjuangan, kami memang sudah merencanakan sepuluh tahun. Jadi konsolidasi partai memang lebih mantap, hanya tinggal melanjutkan hal-hal yang telah disiapkan selama ini,” jelas Megawati.

Rakornas yang digelar di Hotel JS Luwansa dihadiri fungsionaris DPP, semua Ketua DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, dan para kepala daerah dari PDI Perjuangan. Rakornas yang dipimpin Megawati ini untuk menyusun strategi pemenangan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 2014. (pri)