Jokowi-JK Jawara di Bumi Bung Karno

Jokowi salami massa kampanye malangBLITAR – Menang telak juga diraih pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla di “Bumi Bung Karno”, Kota Blitar. Di kota yang dikenal sebagai kandang banteng itu, Jokowi-JK memperoleh suara 65,06 persen.

Dari 311 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 21 kelurahan dan tiga kecamatan, suara Jokowi-JK unggul merata. Sesuai data Tim Evaluasi Monitoring Pilpres Kota Blitar, pasangan Jokowi-JK meraih 65,06 persen atau 54.618 suara. Sedangkan dukungan untuk Prabowo-Hatta mencapai 34,94 persen atau 29.336 suara.

Baca juga: Jokowi-JK Masih Teratas di Kota Reyog

Menurut Zaenal, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK Kota Blitar, pasangan nomor urut dua hanya kalah di tiga TPS. “Selebihnya pasangan Jokowi-JK menang mutlak. Selisih kemenangan di tiap TPS mencapai ratusan suara,” jelas Zaenal, Jumat (11/7/2014).

Seperti diketahui, Selain kader dan simpatisan PDI P, di kantor DPC PDI P juga terlihat Ketua DPRD Kota Blitar Glebot Catur Arijanto.

Baca: Rekap C1 se-Ngawi Tuntas, Jokowi-JK Menang Total

Data Tim Evaluasi Monitoring Pilpres juga menyebutkan, dari DPT 108.104 suara, suara sah mencapai 83.954. Sedangkan jumlah suara tidak sah 1.244 dengan persentase kehadiran mencapai 78,06 persen.

Satu-satunya indikasi kecurangan adalah pembagian beras menjelang coblosan di wilayah Kelurahan Sukorejo. Namun hal itu tetap tidak mampu mengalahkan keunggulan Jokowi-JK.

Untuk Surabaya, baca: Jokowi-JK Menang Telak di Surabaya

Terkait dengan beberapa stasiun televisi yang menayangkan hasil survey beda dengan kenyataan di lapangan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar Samanhudi Anwar menyatakan optimistis pasangan Jokowi-JK akan meraih suara terbanyak nasional. Menurutnya, itu disebabkan kuatnya dorongan arus bawah dan relawan di pelosok-pelosok daerah diseluruh Indonesia.

“Rakyat sudah berkehendak maka, siapapun tidak bisa melawan. Yang kita lakukan saat ini adalah menjaga kemenangan hingga proses perhitungan berakhir,” ujarnya. (ven)