Jokowi-JK Hadiri Pembukaan Kongres IV

pdip jatim - jokowi-jk dan megawati - kongres bali

Presiden Jokowi dan Wapres JK mengapit Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan Kongres IV di Sanur, Bali, Kamis (9/4/2015)

SANUR – Pembukaan Kongres IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sanur Bali, dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Meski berstatus sebagai presiden, Jokowi datang sebagai kader partai dan mengenakan jaket berwarna merah.

Selain keduanya, hadir juga para menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja serta para ketua umum dari Koalisi Indonesia Hebat seperti Surya Paloh (Partai Nasdem), Wiranto (Partai Hanura), Sutiyoso (PKPI), Muhaimin Iskandar (PKB) dan ketua umum PPP Rohmahurmuzy. Hadir juga Ketua Umum PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Kalla tiba di arena kongres lebih dulu daripada Jokowi. Setelah menunggu di ruang VVIP, Jokowi, Kalla, dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama-sama memasuki ruangan tempat acara pembukaan kongres digelar.

Jokowi duduk berdampingan dengan Megawati di sisi kirinya dan Puan Maharani di sisi kanannya. Sementara itu, Jusuf Kalla duduk di sisi kiri Megawati dan di sisi kanan kader PDI Perjuangan yang juga Mendagri Tjahjo Kumolo.

Pantauan infokomnews, para ketua umum partai pendukung koalisi Indonesia Hebat duduk di barisan paling depan. Dalam deretan ini, tidak nampak perwakilan dari Golkar pimpinan Agung Laksono. Sedangkan para menteri dan watimpres serta beberapa tamu undangan lainnya duduk di deretan kedua atau dibelakang para ketua umum parpol.

Kongres IV PDI Perjuangan dihadiri sekitar 2.000 peserta yang di antaranya terdiri dari 514 DPC dengan 1.542 utusan dan 34 DPD dengan 102 utusan. Selain itu, ada juga peserta kader PDI-P yang berasal dari legislatif dan eksekutif, peninjau dan perwakilan PDI Perjuangan dari luar negeri, serta organisasi sayap PDI Perjuangan. Dalam kongres ini, Megawati akan dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP untuk periode 2015-2020. (rad)

Foto-foto Kongres, klik: Di Sini