Jokowi Jadi Keluarga Besar Tambakberas

KH Hasib Wahab - JokowiCALON presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kehormatan dengan diangkat menjadi bagian keluarga besar Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum KH Hasib Abdullah Wahab mengalungkan sorban ke leher Jokowi sebagai tanda pengangkatan, Sabtu (3/5/2014) malam saat Jokowi bertandang ke pondok pesantren milik pendiri Nahdlatul Ulama alm KH Wahab Chasbullah tersebut.

Ia juga berharap agar Jokowi kelak bila menjadi pemimpin Indonesia tidak lupa dengan pesantren dan senantiasa menjalankan nilai-nilai berkebangsaan yang ada di pesantren. Atas kehormatan itu, Jokowi mengaku bangga dan berjanji akan menjaga apa yang diamanahkan oleh para alim ulama.

“Saya sudah banyak diwejangi oleh para kyai. Insya Allah saya akan berusaha menjalankan dan menjaga amanah yang disampaikan para beliau,” kata Jokowi.

Jokowi pun kemudian diperkenalkan dengan anggota keluarga besar pondok Bahrul ‘Ulum yang menyambutnya di dalem agung. Di antaranya nampak Nyai Hj Mundjidah Wahab (Wakil Bupati Jombang) dan Nyai Hj Mahfudhoh Wahab kakak KH Hasib.

Laiknya keluarga sendiri, anak cucu Kyai Wahab yang berkumpul malam ini berbincang akrab sembari mengajak Jokowi mencicipi hidangan kikil khas Jombang. Usai bersantap, Jokowi lantas diajak berziarah ke makam Kyai Wahab yang terletak tak jauh dari pondok.

Di makam, seluruh keluarga beserta para santri yang sudah menanti, kemudian membaca doa tahlil bersama-sama untuk almarhum Kyai Wahab. Di akhir doanya, Kyai Hasib mendoakan agar apa yang menjadi niat Jokowi untuk memimpin Indonesia dapat terwujud.

“Kami keluarga nahdliyin, memiliki tradisi menghormati para alim ulama yang telah wafat dengan menziarahi makamnya dan mendoakannya. Semoga dengan doa yang diiringi para santrI dan alim ulama ini apa yang menjadi niatan Pak Jokowi dapat diijabahi,” ujarnya.

Kunjungan ke pondok Tambakberas ini adalah rangkaian kunjungan silaturahmi Jokowi di Surabaya dan Jombang. Sebelumnya ia mengunjungi keluarga besar Pesantren Tebu Ireng bertemu KH Salahudin Wahid,dan Ketua Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa KH Abdul Aziz Mansyur di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang. (sa)