Jokowi Effect Bekerja di Kota Probolinggo

Jokowi Kota ProbPROBOLINGGO – “Jokowi effect” diyakini bekerja di Kota Probolinggo. Berdasar hitung cepat, PDI Perjuangan diprediksi memenangkan Pemilu Legislatif 2014 di Kota Probolinggo

Mantan wali kota dua periode Probolinggo, HM Buchori, mengatakan, faktor Jokowi turut membantu mempertahankan Probolinggo sebagai basis suara PDI Perjuangan. “Bagi yang bilang Jokowi effect nggak ngefek, itu tidak benar. Jokowi effect tetap terasa,” kata Buchori, Senin (14/4/2014).

Menurut dia, di jajaran internal PDI Perjuangan saat ini semuanya solid mengantarkan Jokowi memenangi Pemilu Presiden 2014. Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga yakin, warga Probolinggo adalah pendukung Jokowi.

“Saya haqqul optimistis, Jokowi akan menang di pemilu presiden, termasuk di Jawa Timur,” ujar Buchori.

Oleh karena itu, kata Buchori, seluruh kader PDI Perjuangan di Jawa TImur akan berkonsentrasi memenangkan Jokowi dalam pemilu presiden. Tidak peduli siapa pun yang akan mendampingi sebagai bakal calon wakil presidennya, ujarnya.

Buchori juga mengungkapkan, sebelum ini ada tiga pesan yang dititipkan Jokowi melalui dirinya. Pesan pertama, dia diminta terus menyolidkan PDI Perjuangan agar bisa memenangkan pemilu dan Jokowi terpilih sebagai presiden.

“Kedua, Pak Jokowi tidak akan menzalimi pihak manapun dan siapapun. Bagi Pak Jokowi, kritik sudah biasa. PDI Perjuangan tidak alergi kepada kritik selama itu membangun,” jelas Buchori.

Pesan yang ketiga, urai Buchori, Jokowi akan tetap rajin turun ke bawah alias blusukan jika menjadi presiden. Menurut Buchori, Jokowi tidak biasa bekerja hanya di belakang meja. Dengan turun ke bawah, kata dia, Jokowi merasa lebih bisa mengetahui permasalahan dan kebutuhan masyarakat secara langsung.

Secara personal, Buchori mengaku menjalin hubungan baik dengan Jokowi. Di mata dia, Gubernur DKI Jakarta itu adalah sosok bersahaja dan menghargai kolega. Oleh karena itu, dia berpendapat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati tidak salah memberikan mandat kepada Jokowi untuk maju dalam pilpres Juli mendatang. (pri/*)