Jokowi Dapat Lencana Melati Pramuka

pdip jatim - Jokowi di Hari PramukaJAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapat lencana melati dalam perayaan ke-53 Hari Ulang Tahun Pramuka di Cibubur, Kamis (14/8/2014). Presiden terpilih dalam Pemilu Presiden 2014 itu mendapat lencana melati karena dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka.

Usai menerima lencana, Jokowi mengatakan, Gerakan Pramuka sangat penting dalam pembentukan karakter anak dan melatih jiwa kepemimpinan. Dia juga menilai penghargaan yang didapat tak terlalu penting jika dibandingkan dengan motivasi yang bisa diberikan seseorang kepada orang lain.

“Yang penting adalah memberikan motivasi untuk yang lain,” kata Jokowi, usai acara yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sejumlah menteri tersebut.

Mengenakan seragam lengkap Pramuka dan berpeci hitam, kepada wartawan Jokowi bercerita soal kenangan menjadi anggota Pramuka. Menurutnya, yang paling disenangi saat aktif di kepanduan itu adalah kegiatan mencari jejak.

“Dulu yang paling saya senang mencari jejak. Tapi jejaknya suka nggak ketemu,” ungkap Jokowi sambil tertawa.

Dia menilai Pramuka mampu membentuk karakter setiap anak yang mengikutinya. Salah satunya membangun karakter kepemimpinan.

Dalam acara peringatan Hari Pramuka itu, Presiden SBY ‘berpamitan’ karena akan mengakhiri jabatannya. “Pada kesempatan terakhir saya menghadiri Hari Pramuka, sebagai Ketua Mabinas dan Presiden RI, pada kesempatan baik ini, kepada adik dan pengurus, saya beserta ibu negara mohon diri, mohon pamit. Insy Allah saya akan akhiri masa jabatan saya,” kata SBY.

“Percayalah gerakan pramuka akan selalu di hati saya,” ucap SBY. (pri/*)