Jokowi Cicipi Tahu Tek di Kota Probolinggo

Jokowi Kota ProbALUN-alun kota Probolinggo, Jumat (4/4/2014) malam gempar. Warga yang tengah asyik menikmati makan malam di kaki lima sontak heboh begitu melihat kedatangan Jokowi, bakal calon presiden PDI Perjuangan.

“Wah Pak Jokowi asli ini, beneran asli, bukan KW,” teriak seorang pria di tengah kerumunan massa yang merubung Jokowi.

Jokowi yang ditemani Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim H.M. Buchori itu pun menghampiri warga yang tengah makan dan menyalaminya. Mereka kemudian duduk di bangku panjang depan sebuah rombong warna merah putih yang menjual tahu tek. “Saya mau coba tahu teknya, pesen satu ya, pedesnya sedang,” ujar dia.

Tahu Tek Cak Ramelan yang disambangi Jokowi itu memang cukup terkenal di Probolinggo.  “Ini tahu tek kegemaran Pak Buchori. Senang sekali Pak Jokowi mampir ke sini,” ungkap Seorang pelayan.

Sambil menunggu pesanan jadi, Jokowi meladeni warga yang ingin berfoto bersamanya. “Ayo mana yang mau foto, sini satu-satu, jangan rebutan,” kata dia ramah.

Warga pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Meski berdesak-desakan, mereka tetap tertib antre.

Sebelum menuju ke alun-alun, Jokowi sempat disambut para kiai Probolinggo yang tengah mengadakan pengajian. Satu ruas jalan seputar alun-alun pun terpaksa ditutup karena warga tumpek blek di situ. Mereka melantunkan salawatan.

“Alhamdulillah Pak Jokowi sudah datang. Malam ini sejarah penting terjadi di Probolinggo. Kita doakan PDI Perjuangan menang, Pak Jokowi presiden,” ujar Indi Eko Yanuarto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo, yang disambut teriakan massa, “Jokowi presiden! Jokowi presiden!”

Usai santap malam di alun-alun, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Esok dijadwalkan Jokowi akan bertandang ke Jayapura.

Dalam perjalanan dari Probolinggo menuju Surabaya, sekira pukul 22.00 WIB rombongan Jokowi dicegat relawan di alun-alun Bangil, Pasuruan.

Relawan yang terdiri dari anak-anak muda itu usai menonton pertunjukan band di alun-alun. Sambil membawa spanduk bertuliskan “Jokowi Presiden yang Dicintai Oleh Rakyat” mereka menghadang rombongan dan meminta Jokowi untuk turun dari kendaraan.

Dengan sabar, Jokowi pun menghampiri dan mengajak mereka untuk duduk di dekat air mancur tepi alun-alun. “Ayo duduk sini, foto-foto sini aja ya,” kata Jokowi.

Para relawan pun kemudian berebutan untuk berfoto. “Pak Jokowi nggak kelihatan dari belakang, berdiri dong,” teriak seseorang dari kerumunan. Jokowi berdiri, yang lantas disambut sorak sorai riuh. “Nah gitu kelihatan, Pak,” seru mereka.

Tak sampai 10 menit, Jokowi lantas pamit melanjutkan perjalanan. “Sudah dulu ya, masih harus lanjutkan perjalanan. Terimakasih, selamat berjuang,” pesannya. (*)