oleh

Jokowi Berharap Semangat Imlek Membawa Kebaikan bagi Semua

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan Imlek 2572 Kongzili kepada umat Konghucu dan masyarakat etnis Tionghoa. Jokowi menyebut, perayaan Imlek tahun ini berbeda dengan sebelumnya. 

“Hari raya Imlek ini kita tak leluasa untuk merayakannya dengan sukacita bersama-sama. Tapi semua itu tak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian dan cinta kasih dalam keluarga,” ujar Jokowi dalam unggahan di akun Twitter resminya @Jokowi pada Jumat (12/2/2021). 

Jokowi berharap, semangat Imlek 2021 membawa kebaikan bagi semua pihak. “Semoga kita semua tetap dalam semangat persaudaraan serta dijauhkan dari penyakit dan bencana. Gong xi fa cai,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau agar Tahun Baru Imlek 2572 dirayakan secara sederhana dan digelar virtual. Sebab, pandemi Covid-19 belum mereda.

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan ikut merayakan peringatan Hari Imlek 2021 dalam sebuah acara bertajuk “Imlekan Bareng Banteng”. 

Menurut Ketua Bidang Agama DPP PDI Perjuangan Hamka Haq acara digelar secara virtual di Kantor DPP dan mengingat masih situasi pandemi Covid-19 maka mengikuti protokol kesehatan bagi peserta yang hadir secara fisik. 

“Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani akan memberikan sambutan dilanjutkan pemutaran video sejarah penetapan Hari Imlek dan peran Ibu Megawati Soekarnoputri, yang saat itu menjabat sebagai Presiden RI,” jelas Hamka di Jakarta, Jumat (12/2/2021). 

Menurut Hamka, acara ini digelar sebagai bagian peran PDIP untuk merawat kebhinekaan sekaligus merupakan Rumah Kebangsaan. 

Dijelaskannya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto akan menjadi narasumber bersama sejumlah kepala daerah dan anggota DPR RI yang beretnis Tionghoa. 

“Bung Karno sebagai penggali Pancasila dari bumi Indonesia menekankan bahwa Indonesia besar karena terdiri dari berbagai macam golongan, kebhinekaan akan menguatkan, itulah perbedaan Indonesia dengan bangsa-bangsa lain, berbeda, tetapi satu,” urai Hamka. 

Bagi masyarakat yang berminat, bisa menyaksikan acara ini melalui akun Youtube PDI Perjuangan dan laman Facebook PDI Perjuangan. 

“PDI Perjuangan mengucapkan Gong Xi Fa Chai. Selamat kepada seluruh saudara se-Tanah Air yang merayakan Tahun Baru Imlek, Tahun Kerbau,” tutup Hamka. (goek)

rekening gotong royong

Komentar