Jokowi Berharap Harga Daging Segera Normal

pdip-jatim-jokowi-kapal-sapiJAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kapal pengangkut sapi KM Camara Nusantara 1, di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/12/2015) sore. Kapal yang mengangkut 350 sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) itu tiba siang harinya di pelabuhan tersebut.

Menurut Presiden Jokowi, adanya kapal pengangkut sapi itu telah menurunkan harga transportasi dari sebelumnya Rp 1,2 juta – Rp 1,8 juta rupiah bisa dipangkas menjadi sekitar Rp 320.000. Dengan demikian, harga sapi per kilogram akan menjadi Rp 35.000 – Rp 37.000 sementara untuk harga daging sapi akan menjadi Rp 72.000 – Rp 76.000 per kilogram.

“Ini sebetulnya yang kita bilang tol laut, tol laut sebetulnya ini, nanti akan semua harga akan seperti ini,” kata Presiden Jokowi.

Namun, Presiden juga menyatakan kesulitan mengendalikan harga di pasar. Ia menyebutkan, pemerintah berusaha menormalkan harga pasar namun mekanisme di pasar antara demand dan suplai membuat harga menjadi berbeda-beda.

“Harga-harga seperti itu. Semoga dalam waktu yang tidak lama bisa menormalkan harga daging sapi kembali , tapi kita nggak ngerti ini berhadapan dengan pasar, moga-moga nanti bisa menormalkan harga daging sapi kembali,” terang Jokowi.

Menurut Presiden, kapal khusus pengangkut ternak itu memang baru satu tetapi yang akan datang lagi kurang lebih tujuh kapal. Dalam proses semuanya. “Kemarin lima kita tambah lagi dua menjadi tujuh,” ujarnya seraya berharap nantinya wilayah-wilayah yang mempunyai produksi sapi akan terbantu dengan adanya kapal sapi ini.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (setkab)