Jokowi: Almarhum Taufik Kiemas Bisa Rangkul Semua Kalangan

pdip jatim - alm taufik kiemasJAKARTA — Presiden Joko Widodo menghadiri haul dua tahun meninggalnya Taufik Kiemas di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (8/6/2015) malam. Jokowi pun memberikan testimoni mengenai kenangannya seputar almarhum Taufik.

Jokowi mengungkapkan, Taufik Kiemas adalah sosok yang sangat memperhatikan generasi muda. Taufik, kata Jokowi, menyadari bahwa generasi muda yang kompeten sangat penting untuk kepentingan bangsa ke depan.

“Beliau selalu memberikan ruang diskusi untuk anak-anak muda generasi penerus,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengenang sosok mantan Ketua MPR ini sebagai tokoh yang selalu mendengungkan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan rumus empat pilar itu, kata dia, Taufik bisa merangkul semua kalangan.

“Saya kira beliau jembatan bagi kita semua sehingga kita bisa merasa dalam satu rumah, yaitu Indonesia,” ujar Jokowi.

Sementara, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, hingga saat ini, seluruh kader PDI Perjuangan masih merasakan kehilangan atas kepergian Taufiq Kiemas. Menurut Tjahjo, semasa hidup, suami dari Megawati itu sering berbagi ajaran-ajaran Presiden pertama RI Soekarno kepada kader-kader PDIP.

“Semasa hidup, saat semakin malam memang Beliau semakin keluar kemampuan politiknya. Ajaran-ajaran Bung Karno yang ia dapat sewaktu menjadi murid Bung Karno dikeluarkan semua dan dibagikan ke kami,” ujar Tjahjo.

Di mata Tjahjo, Taufiq semasa hidup merupakan pribadi yang gigih dan mempertahankan prinsip yang diyakininya benar. Selain itu, menurut Tjahjo, Taufiq adalah orang yang selalu bersedia menerima segala masukan positif dari siapa pun tanpa terkecuali.

“Selama 7 tahun saya jadi sekretaris pribadinya, ia tidak hanya menanyakan masalah partai ke kader, tapi masalah sekolah anak, bagaimana kehidupan keluarga. Dia juga selalu memperhatikan hal yang kecil. Dia bukan hanya seorang senior atau guru, dia adalah bapak bagi kita semua,” kata Tjahjo.

Dia menambahkan, acara peringatan ini merupakan momentum bagi seluruh kader partai untuk mengenang berbagai hal yang pernah dibagikan Taufiq dan memberikan manfaat bagi semua orang.

Selain Jokowi, acara yang dilakukan dalam memperingati dua tahun meninggalnya Taufik ini dihadiri jajaran pengurus PDI Perjuangan, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, serta sejumlah pejabat dan politisi lainnya. (goek/*)