Jo-Man Jatim Himpun Dukungan By Name By Addres

Relawan Jo-Man Jatim deklarasiSURABAYA– Relawan Jokowi Mania (Jo-Man) melebarkan sayap ke Jawa Timur. Secara resmi, relawan pendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla itu dideklarasikan di kampung nelayan Kenjeran, Sukolilo, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Selasa (27/5/2014) pagi.

Deklarasi yang ditandai pemotongan tumpeng di pinggir Pantai Kenjeran itu diikuti puluhan relawan Jo-Man Jatim, dan nelayan setempat. Jajaran pengurus Joman pusat juga hadir, dipimpin Ketua Umum Jo-Man pusat, Nico Godjang.

Ketua Jo-Man Jawa Timur Rangga Bisma Aditya mengungkapkan, saat ini relawan koordinator Jo-Man sudah terbentuk di 17 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Di antaranya Surabaya, Kabupaten/Kota Kediri, Malang Raya, empat kabupaten di Madura, kawasan Tapal Kuda, Tuban, dan Bojonegoro.

“Deklarasi Jokowi Mania di 21 kabupaten/kota lainnya segera kita laksanakan,” jelas Rangga, di sela acara deklarasi.

Sebagai upaya memenangkan pasangan Jokowi-JK, kata Rangga, Jo-Man Jatim siap menggalang dukungan suara dalam pemilu presiden 9 Juli depan. Pihaknya menargetkan 4 juta suara yang akan disumbangkan untuk pasangan Jokowi-JK.

“Dari 38 kabupaten/kota di Jatim, kami menargetkan minimal 100.000 suara dari setiap kabupaten/kota. Bentuk dukungan itu dilakukan dengan cara membubuhkan tanda tangan di kain putih sepanjang 100 meter,” katanya.

Jika sudah mencapai 100.000 tanda tangan, kain putih itu dikirim ke Jakarta untuk dijahit bersama kain putih lain yang sudah ditandatangani dari daerah lain di Indonesia. Rencananya, sambungan kain bertanda tangan dukungan terhadap Jokowi-JK itu akan dipasang mengitari Gelora Bung Karno dan didaftarkan ke MURI sebagai tandatangan terbanyak untuk dukungan kepada capres.

Untuk mencapai target tersebut, imbuh Rangga, para relawan Jo-Man, akan keliling ke rumah-rumah warga door to door. Selain minta kesediaan warga menandatangani kain dukungan, relawan Jo-Man juga melakukan sosialisasi dan kampanye figur Jokowi yang merakyat, jujur, tegas, dan tidak otoriter kepada masyarakat.

“Dengan begitu, dukungan masyarakat yang kami lakukan benar-benar by name by address,” ujarnya.

Jawa Timur merupakan provinsi ke delapan yang mendeklarasikan relawan Jo-Man. Sebelumnya, relawan Jo-Man sudah deklarasi di Provinsi Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Ambon, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Jambi, Riau, dan Sulawesi Utara. (pri)