Jika Kwik Gabung Prabowo, PDIP: Kami Hormati

JAKARTA — Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, partainya pasti akan menghormati pilihan kadernya, Kwik Kian Gie, jika yang bersangkutan memilih gabung ke tim Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

“Kami hormati sebagai hak politiknya, demokratisnya,” kata Basarah di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Kwik Kian Gie merupakan kader PDIP dan pernah menjadi pengurus Dewan Pimpinan Pusat PDIP sekitar tahun 2005 silam.

Namun, setelah tak lagi menduduki posisi fungsionaris DPP, Kwik tak lagi berinteraksi dengan PDI-P. “Jadi dalam beberapa tahun yang sudah cukup lama ini Pak Kwik memang katakanlah sudah berada di luar sistem kepartaian PDI-P,” jelas dia.

“Jadi kalau hari ini beliau mengambil keputusan untuk bergabung dengan Prabowo, saya kira beliau membutuhkan aktualisasi diri lebih lanjut,” sambung Basarah.

Dia pun berharap andai benar hal itu terjadi, Kwik bisa memberikan saran dan pandangan kepada tim Prabowo-Sandiaga Uno untuk mengikuti proses pilpres dengan cara yang demokratis, bersahabat, kontruktif, dan tidak merusak sendi-sendi persatuan bangsa.

Senada, Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira berpendapat, bergabungnya Kwik yang mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri itu bukanlah hal yang harus dipersoalkan oleh PDIP.

“Kalau klaim ini benar bahwa Pak Kwik Kian Gie bergabung dengan tim Prabowo, buat PDI Perjuangan bukan hal yang harus dipersoalkan,” ujar Andreas melalui pesan singkat, Kamis (13/9/2018).

Andreas menilai Kwik Kian Gie memerlukan wadah untuk mengatualisasikan pemikiran-pemikiran kritisnya.  Ia yakin kehadiran Kwik Kian Gie akan memberikan pencerahan sekaligus memoderasi pandangan tim Prabowo-Sandi tentang situasi ekonomi Indonesia saat ini.

“Tentu kehadiran Pak Kwik Kian Gie di lingkungan Prabowo bisa memberikan pencerahan bagi tim Prabowo sekaligus memoderasi pandangan-pandangan tim Prabowo tentang ekonomi Indonesia saat ini,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Rabu (12/9/2018), Prabowo mengungkapkan, Kwik Gian Gie bergabung ke tim kampanyenya untuk menghadapi Pilpres 2019. (goek)