Jembatan Kenjeran Dibuka Bulan Ini

pdip-jatim-jembatan-kenjeran-malam-hariSURABAYA – Jembatan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran bakal beroperasi pada bulan ini. Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, pembangunan jembatan yang akan menjadi salah satu ikon Kota Pahlawan itu tinggal tahap finishing.

Whisnu memastikan, finishing pengerjaan jembatan THP Kenjeran akan selesai bulan ini. Sehingga, pada bulan ini juga Pemkot Surabaya akan mengoperasikan secara resmi.

Eskalator sebagai penunjang kenyamanan, ungkapnya, sudah selesai dipasang. Pun dengan air mancur di tengah jembatan yang sudah dioperasikan. “Jadi jembatan sudah selesai, tinggal menunggu persiapan terakhir,” kata Whisnu, kemarin.

Wawali yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini menambahkan, Jembatan THP Kenjeran akan menjadi destinasi wisata di kawasan pantai timur Surabaya tersebut. Sebab, di tengah jembatan disediakan wahana untuk menyaksikan keindahan pantai.

“Ada air mancurnya juga. Kalau ingin melihat pantai, bisa dari jembatan ini, bagus pokoknya, Apalagi air mancurnya bergoyang,” terangnya.

Pengembangan kawasan wisata pantai Kenjeran memang menjadi fokus Pemkot Surabaya. Untuk menggenjot potensi pariwisata pantai ini, selain membangun jembatan THP Kenjeran, Pemkot juga mengadakan pelatihan kepada nelayan.

Nelayan setempat diberdayakan agar bisa meraup keuntungan dari keberadaan jembatan ini. “Kita membangun jembatan begitu bagusnya memang untuk wisata,” paparnya

Mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya ini mengungkapkan, selain untuk wisata, jembatan THP Kenjeran akan dipakai untuk lalu lintas umum. Jembatan ini dibangun untuk mengurai kemacetan di kawasan Kenjeran.

“Dibuka lalu lintas umum, karena untuk mengatasi kepadatan di sektiar Kenjeran. Berlaku free, yang ingin lewat di sana tidak dipungut biaya. Semangat kita menolak tol tengah karena ingin membuat ring road gratis,” tegasnya.

Saat ini, dinas perhubungan sedang membangun fondasi untuk pemasangan traffic light. Pemasangan lampu lalu lintas ini diperkirakan membutuhkan waktu dua minggu. Sehingga, hampir bisa dipastikan pertengahan bulan Maret ini sudah rampung.

Dalam waktu dua minggu ini juga akan digunakan untuk rekayasa lalu lintas. Jalur lalu lintas jembatan THP Kenjeran ini akan dibuka satu arah, yakni dari arah utara ke selatan atau dari THP ke arah Sukolilo Lor. (goek)

sumber foto: bicarasurabaya.com