Jelang Rakernas, PDIP Gelorakan Semangat Trisakti

pdip-jatim-eko-suwantoYOGYAKARTA – Jelang pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2016 di Jakarta pada 10-12 Januari 2016, PDI Perjuangan (PDIP) menggelorakan semangat Trisakti melalui sejumlah diskusi dengan menghadirkan sejumlah pakar dan aktivis.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik, Agitasi dan Propaganda DPD PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan menyatakan terima kasih atas kepercayaan DPP PDI Perjuangan untuk penyelenggaraan kegiatan diskusi menjelang Rakernas di Yogyakarta.

“Diskusi bersama pakar ini untuk merangkum masukan pemikiran bagi upaya mewujudkan Trisakti dalam seluruh kebijakan pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan konstitusi,” kata Eko Suwanto, Senin (4/1/2016)

Sejumlah pakar yang akan menjadi narasumber diskusi, ungkap Eko, yakni Guru Besar UNY Prof Wuryadi MS, Dr Revrisond Baswir (ekonom dan dosen FEB UGM), Dr Arie Sudjito (dosen Fisipol UGM), Andi Sandi SH LLM (Wakil Dekan FH UGM) dan peserta dari kalangan akademisi, LSM, media dan mahasiswa selain dari internal PDI Perjuangan.

“Acara di UGM ini mengingatkan kita bahwa selain diresmikan Bung Karno dan juga di UGM inilah Bung Karno memberikan kuliah Pancasila yang menjadi dasar negara,” terangnya.

PDI Perjuangan, lanjut Eko, berharap dari kampus dimana Presiden Joko Widodo yang merupakan kader PDI Perjuangan menyelesaikan studi S1-nya, Partai bergotong royong dengan civitas akademika dari perguruan tinggi menggali ide, gagasan dan pemikiran untuk berjuang mewujudkan Trisakti ajaran Bung Karno. “Tentunya untuk mencapai masyarakat Indonesia yang adil makmur,” ujar politisi yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY.

Sementara, Panitia Pengarah Rakernas DPP PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari akan memberikan pidato kunci di acara roundtable discussion bertema “Mewujudkan Trisakti dengan Pembangunan Semesta Berencana untuk Indonesia Raya”.

Pada hari yang sama, di DPP PDIP, Jakarta, digelar diskusi bersama pakar politik Asvi Warman Adam dan Yudi Latief. Diskusi juga akan digelar di Bandung dan Surabaya hingga 7 Januari mendatang.

“Cita-cita Pancasila, Konstitusi dan Trisakti penting kembali disuarakan untuk memberikan landasan atau pedoman pembangunan bagi terwujudnya kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dengan Pembangunan Nasional Semesta Berencana, kita percaya kebijakan Pemerintah akan mampu atasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya dalam upaya memakmurkan rakyat,” pungkas Eko. (goek/*)