Jelang Pilkada Surabaya, PDI Perjuangan Buka Komunikasi dengan Semua Parpol

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pimpinan pengurus parpol saat di kediaman rumah Wawali Surabaya

SURABAYA – Meski sudah memenuhi syarat mengusung sendiri pasangan calon dalam pilkada serentak Desember depan, PDI Perjuangan Kota Surabaya tetap menjalin komunikasi dengan semua partai politik. Langkah komunikasi dengan semua parpol itu diawali dengan acara makan siang bersama di rumah kediaman Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana, di Jalan Sedap Malam, Selasa (16/6/2015).

Acara silaturahmi pimpinan parpol berlangsung sekitar dua jam di ruang depan rumdin wawali. Tampak hadir perwakilan parpol, seperti Ketua DPD PKS Ibnu Shobir; Sekretaris DPC Demokrat H Djunaedi, Wakil Ketua DPC PKB Satuham Akbar, Ketua DPC PAN H Surat, perwakilan Partai Golkar Pertiwi Ayu Krishna, Ketua DPC Gerindra BF Sutadi, dan Sekretaris DPD Nasdem Jatim Vinsensius Awey.

Whisnu Sakti Buana yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya menjelaskan, pertemuan pengurus berbagai parpol ini sekadar silaturahmi menjelang Ramadan. “Pertemuan ini sebagai silaturahmi, sekaligus kita menginginkan proses Pilkada Surabaya nantinya berjalan aman dan lancar,” kata Whisnu.

Nantinya, pertemuan itu secara rutin akan digelar bergantian oleh masing-masing parpol. Pertemuan berikutnya telah disepakati PKB sebagai tuan rumah.

Silaturahmi sambil makan siang tersebut, lanjut Whisnu, sampai sekarang masih belum mengarah pada langkah koalisi untuk mendukung calon yang akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Surabaya 2015. “Jika pada saat makan siang itu, para pimpinan partai sudah memberikan kepastian untuk berkoalisi, ya alhamdulillah,” ujarnya.

Jika nantinya dari silaturahmi itu ada keberlanjutan kerja sama politik untuk pilkada, pihaknya akan menyambut hangat. Dia menilai permintaan tersebut sah-sah saja dilakukan oleh parpol lain yang ingin merapat ke PDI Perjuangan.

“Sepanjang untuk pembangunan Surabaya lebih baik kedepan tidak masalah. Namun, soal koalisi belum ada,” tambahnya.

Dalam pertemuan itu, tampak hadir beberapa pengurus PDI Perjuangan Kota Surabaya. Seperti Sekretaris DPC Syaifuddin Zuhri; Bendahara DPC H Budi Leksono, Wakil Ketua DPC yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya Sukadar, dan Ketua Bapilu PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono.

Pengurus parpol yang hadir menyambut baik pertemuan rutin jelang Pilkada Surabaya yang digagas PDI Perjuangan. Seperti disampaikan, Wakil Ketua PKB Surabaya Satuham yang menyatakan sepakat dengan acara silaturahmi semacam ini, karena yang dibahas tentang bagaimana memajukan Surabaya.

“Sepanjang untuk kebaikan bersama, kami sepakat. Yang penting pelaksanaannya. Kalau ini dianggap sebagai tahapan menuju koalisi parpol, tidak menutup kemungkinan memang ke arah sana,” katanya.

Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Ibnu Shobir juga mendukung adanya pertemuan ini. Apalagi tujuannya adalah untuk kemajuan Surabaya. (goek)