Jelang Pemilu, Megawati Nyekar Makam Bung Karno

BLITAR – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melakukan ziarah ke makam ayahandanya, Presiden pertama RI, Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Rabu (20/3/2019).

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang ikut dalam rombongan nyekar Makam Bung Karno mengatakan, acara ziarah ini sebagai kegiatan rutin Megawati.

“Ini hal yang rutin, kami datang ke makam proklamator. Apalagi akan ada peristiwa penting. Ziarah adalah hal yang baik,” jelas Hasto.

Hasto mengungkapkan, dirinya pernah datang ke Pondok Pesantren Sukorejo (Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo) di Jawa Timur.

Dia teringat pesan KH As’ad Samsul Arifin yang disampaikan keluarga, bahwa untuk selalu memohon pada Tuhan yang Maha Kuasa. Ziarah di hadapan orang tua juga merupakan tradisi yang baik.

Terkait dengan komitmen untuk memerangi hoaks, yang dipegang pasangan Capres-cawapres nomor urut 01  Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Hasto menegaskan semuanya berkomitmen.

Bahkan, KH Ma’ruf tidak hanya berkomitmen melainkan bersumpah untuk menggunakan seluruh mandat yang diberikan demi rakyat.

Untuk itu, Hasto juga minta agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 dan bersama-sama memerangi hoaks. Pemilu nantinya memilih calon pemimpin yang berkomitmen kuat demi membela NKRI.

“Persiapkan pemimpin yang akan datang. Ini satu kesatuan kepemimpinan yang baik ada umaro dan ulama. Hoaks itu bunuh peradapan kita, sehingga KH Ma’ruf bersikap bahwa itu (hoaks) racun politik peradaban harus kita hilangkan karena membunuh kemanusiaan,” ujarnya.

Megawati datang ke Blitar menggunakan jalur darat, setelah sebelumnya naik pesawat terbang turun di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.

Rombongan tiba di Blitar sekitar jam 11.30 WIB dan disambut sejumlah kader serta petinggi partai. Hadir juga Pelaksana Tugas Wali Kota Blitar Santoso serta Bupati Blitar Rijanto.

Megawati dan rombongan langsung ke makam. Mereka tahlil bersama dilanjutkan tabur bunga. Setelah selesai berdoa dan tabur bunga, rombongan lalu meninggalkan lokasi makam Bung Karno. Setelah makan siang, rombongan Megawati melanjutkan perjalanan ke Malang untuk kembali ke Jakarta. (goek)