Jelang Masa Kampanye, Koalisi Jokowi-Ma’ruf Jatim Serahkan Tim Kampanye ke KPU

SURABAYA – Partai koalisi pengusung Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menyerahkan daftar Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Jumat (21/9/2018).

Dari kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Jalan Raya Kendangsari Industri, rombongan terdiri atas pimpinan partai pengusung, calon anggota legislatif (caleg), hingga kader dan relawan berjalan kaki menuju kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis.

Arak-arakan dari kantor DPD PDIP Jatim itu dimeriahkan iringan musik rebana, perkusi, seni jaranan, dan konvoi becak hingga memasuki kantor KPU. Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memimpin langsung rombongan.

Bersama beberapa pimpinan parpol pengusung yang lain, Machfud ikut berjalan sambil membentangkan banner panjang bertuliskan “Koalisi Indonesia Kerja” yang merupakan nama koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Tepat di bawahnya ada tulisan “Bersih, Merakyat Kerja Nyata”.

Tampak mendampingi Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari, Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer, dan Ketua DPD Hanura Kelana Aprilianto. Juga Sekretaris DPW Partai Perindo Badarudin, dan Ketua DPW NasDem Jatim Rendra Kresna.

Hadir pula jajaran pengurus partai non parlemen. Di antaranya, Ketua DPW PSI Jatim Sobikin Amin, Sekretaris DPW Perindo Jatim M Badaruddin, serta perwakilan dari PKPI.

“Saya bersama dengan lainnya ini bermaksud untuk mendaftarkan tim kami sebelum masa kampanye,” kata Machfud Arifin.

Menurut Machfud, usai penyerahan daftar tim kampanye, pihaknya segera mengadakan komunikasi dengan partai pengusung dan semua pihak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Kami akan komunikasi dengan semua pihak untuk pemenangan Jokowi di Jawa Timur,” ujarnya.

Komunikasi itu dijalin agar semua pihak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf solid untuk pemenangan. “Kami akan bahu membahu, punya satu visi memenangkan Pak Jokowi,” terang dia.

“Kami yakin bisa mengantar Pak Jokowi untuk dua periode,” lanjut mantan Kapolda Jatim in

Sementara itu, soal bermacam atraksi yang memeriahkan rombongan ke KPU, Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari mengatakan, ada pesan kepada masyarakat bahwa Jokowi melingkupi seluruh elemen masyarakat.

Baik seluruh umat beragama maupun seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia. “Pak Jokowi milik semuanya,” kata Untari.

Termasuk dengan dipilihnya sarana becak. “Becak adalah simbol wong cilik. Maka Pak Jokowi ingin senantiasa ada di hatinya wong cilik,” jelasnya.

Sejak awal Jokowi menjabat, imbuh perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini, Jokowi tak pernah berubah dan konsisten memperjuangkan wong cilik. (goek)