Jelang Kongres V, Megawati Nyekar Makam Bung Karno

BLITAR – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam bapaknya, proklamator kemerdekaan RI, Soekarno, di Kota Blitar, Senin (5/8/2019).

Ziarah ini dilakukan presiden ke lima RI itu tepat tiga hari menjelang hajatan akbar Kongres V PDI Perjuangan di Bali yang akan diselenggarakan mulai 8 hingga 10 Agustus 2019.

“Tiap kali PDI Perjuangan akan melakukan kegiatan besar, seperti kongres partai, Ibu Megawati berziarah ke makam ayahandanya, Bung Karno,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno di lokasi.

Untari menjelaskan, selain mendoakan arwah Bung Karno, Megawati juga berdoa agar ‘gawe’ lima tahunan partai berlambang kepala banteng tersebut bisa berjalan lancar.

Harapannya, ia menambahkan, keputusan yang dihasilkan kongres nanti tak hanya bermanfaat bagi partai, tapi juga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Agar NKRI tetap terjaga dalam bingkai ideologi Pancasila, dan kemakmuran rakyatnya makin meningkat,” tuturnya.

Selain menghadapi kongres partai, Megawati juga biasa nyekar saat menjelang Bulan Ramadan. Tradisi nyekar ini memang dilakukan pimpinan tertinggi PDI Perjuangan tersebut setiap tahun.

Megawati tiba di komplek makam Bung Karno siang hari, setelah melalui perjalanan darat dari Bandara Abdulrahman Saleh, Malang.

Dalam kegiatan itu, dia didampingi beberapa pengurus DPP PDI Perjuangan, di antaranya; Wakil Sekjen Ahmad Basarah dan Eriko Sutardoga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Idham Samawi, dan Andreas Hugo Pariera.

Sementara dari pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim, selain Untari, ada Ketua DPD Kusnadi, para wakil ketua seperti Whisnu Sakti Buana, Dewanti Rumpoko, Hari Putri Lestari, Ida Bagus, Wakil Sekretaris SW Nugroho, dan Wakil Bendahara AI Sulistyorini.

Para Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC PDIP dari Malang Raya, Blitar Raya dan sekitarnya juga nampak hadir. Berikutnya beberapa kepala daerah dari PDI Perjuangan juga ikut hadir, di antaranya dari Kota Batu, Kota dan Kabupaten Blitar. (goek)