Jatim Peringati Hari Jadi ke-74, Ini Pesan Kusnadi

SURABAYA – Puncak Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur yang diperingati setiap 12 Oktober diawali dengan upacara di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (12/10/2019).

Peringatan hari jadi yang mengambil tema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera” tersebut dilanjutkan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi di antaranya mengatakan, ke depan, di provinsi ini harus dan terus banyak melakukan perubahan, baik secara kuantitas maupun secara kualitas.

Baca juga: 74 Tahun Provinsi Jatim, PDIP: Ini Momen untuk Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Harapannya, kata Kusnadi, agar capaian baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya akan menjadi semakin lebih baik. Tentu saja, tambah dia, itu semua dilakukan dengan tetap berpijak pada aspek-aspek kearifan lokal.

“Dalam segala aktivitas pembangunan di Jawa Timur, itu adalah sebagai bagian dari memanusiakan rakyat Jawa Timur, bukan malah meminggirkan rakyat Jawa Timur,” tegas Kusnadi

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, lanjut Kusnadi, pihaknya mengajak masyarakat dan semua pihak untuk bergerak bersama-sama, dan untuk hijrah dari budaya lama menuju budaya baru yang progresif, inovatif dan adaptif.

Dukungan masyarakat dan semua pihak itu, sebut Kusnadi, untuk mendukung program yang telah dicanangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yakni program CETTAR, atau Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif.

Sebagai mitra kerja Pemprov Jatim, tambah Kusnadi, DPRD Jatim akan mendukung sepenuhnya apa yang jadi komitmen Gubernur Jatim dan wakilnya sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024.

“Apa yang menjadi komitmen sebagaimana dalam RPJMD, semua akan tercapai dengan kerja bersama dan semangat gotong royong,” ujar pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Pihaknya yakin, roda pemerintahan di provinsi ini ke depan tetap berjalan harmonis demi terwujudnya Jawa Timur Makmur dan Sejahtera. Apalagi, di dewan tingkat provinsi, meski dari beragam partai, tapi hanya ada satu faksi, yakni Faksi Jawa Timur.

Peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim di DPRD Jatim juga dilakukan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, serta pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi di tingkat nasional. (goek)