“Jangankan Sekjen, Jadi Anak Ranting saja Sebuah Kehormatan”

pdip jatim - hasto kristiyanto - kongresSANUR – Politisi PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan, tidak ada persaingan memperebutkan posisi Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan. Dia memastikan, Megawati Sekarnoputri berwenang penuh menunjuk sekjen, dan semua kader harus siap saat diminta mengisi posisi tersebut.

“Di internal PDI Perjuangan hal itu (persaingan) sebenarnya bisa dibilang tidak terlihat. Karena kami selalu bergandengan tangan dalam menghadapi segala hal,” kata Hasto, usai pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan, di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Kamis (9/4/2015).

Seperti diketahui, di luar posisi Ketua Umum PDI Perjuangan 2015-2020 yang sudah pasti diemban kembali oleh Megawati Soekarnoputri, jabatan sekretaris jenderal partai banteng moncong putih masih ramai.

Sejumlah nama sudah mencuat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo. Di antaranya, Ahmad Basarah (saat ini wakil sekjen bidang program), Eriko Sotarduga (wakil sekjen bidang internal) dan Hasto Kristiyanto (Plt. sekjen).

Disinggung soal namanya yang menjadi kandidat sekjen, Hasto menjawab dengan diplomatis. “Di PDI Perjuangan, jangankan menjadi sekjen, menjadi ketua anak ranting saja sudah menjadi sebuah kehormatan,” tandasnya.

Soal kriteria Sekjen yang akan mendampingi Megawati, Hasto mengatakan, sekjen di periode 2015 – 2020 harus mampu menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pemerintah dan membawa PDI Perjuangan ke roh kerakyatan. (rad)