“Jangan Mabuk Demokrasi Barat”

pdip jatim - pelantikan dpc di jemberJEMBER – Ketua DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun mengatakan, konsolidasi partai dilakukan dengan pola musyawarah untuk mufakat yang merupakan budaya bangsa Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan ideologi PDI Perjuangan.

“Kita jangan mabuk dengan demokrasi barat. Musyawarah mufakat adalah budaya bangsa kita. Ini sesuai dengan ideologi kita, Pancasila 1 Juni,” kata Komarudin Watubun, pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) PDI Perjuangan yang dilakukan secara serentak di Jember, Senin (9/3/2015).

Baca juga: Basarah: Tak Ada Ruang untuk Voting dalam Mengambil Keputusan

Oleh karena itu, menurut Komarudin, setiap keputusan yang diambil dalam konfercab tidak menggunakan voting. “Dalam konfercab ini, setiap peserta dipaksa melakukan musyawarah mufakat. Segala keputusan berdasar musyawarah mufakat, tidak boleh voting dalam mengambil keputusan,” ujarnya.

Konfercab serentak diikuti 7 DPC PDI Perjuangan di Hotel Bandung Permai, Jember. Enam dari tujuh DPC PDI Perjuangan telah melakukan pergantian ketua dan susunan pengurus DPC periode 2015-2020.

Tiga Ketua DPC dipercaya kembali memimpin, sedangkan tiga DPC lainnya berganti kepemimpinan. “Tiga DPC ketuanya tetap, yaitu Timbul Prihanjoko Ketua DPC Kabupaten Probolinggo, Irwan Ketua DPC Bondowoso dan Agus Ketua DPC Kabupaten Lumajang,” kata Kusnadi, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, usai acara.

Sedangkan tiga DPC lainnya melakukan pergantian ketua DPC dan beberapa posisi dalam struktur kepengurusan. Yakni Ketua DPC Kota Probolinggo sekarang dipegang H. Nasution, Kabupaten Banyuwangi dijabat Made Cahya Negara, sedangkan Kabupaten Situbondo dipercayakan kepada Narwiyoto.

Pergantian kepengurusan ini berjalan lancar dengan mekanisme musyawarah mufakat. Hal ini, kata Kusnadi, menunjukkan kedewasaan kader partai dalam berdemokrasi dan ketaatan terhadap aturan aturan partai.

“Semua lancar, demokratis. Kader partai sudah dewasa berdemokrasi dan taat mekanisme partai. Memang ada yang belum tuntas, seperti DPC Jember. Tetapi,percayalah, DPP akan memutus yang terbaik bagi partai,” kata Kusnadi. (guh)