Jamu Ini yang Bikin Jokowi Selalu Prima

SEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rahasia penampilannya yang selalu prima meski bekerja hampir tidak pernah beristirahat. Selain sudah terbiasa bekerja keras, Jokowi setiap pagi rutin minum jamu temulawak dan jahe.

Menurut Jokowi, dirinya sudah 17 tahun setiap pagi rutin minum jamu. “Berkali-kali sudah saya sampaikan membuat sendiri, temulawak 80 persen, jahenya 20 persen setiap pagi hanya pagi buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” kata Jokowi dalam kunjungannya ke kantor redaksi Suara Merdeka, Semarang, Sabtu (2/2/2019) malam.

Dia menjelaskan, temulawak menggandung curcuma yang membangun di dalam tubuh, terutama di sisi pencernaan, di ginjal semuanya, di hati semuanya diperbaiki di situ. Jokowi juga sudah tiga tahun ini membiasakan seminggu 3 kali minum kelapa hijau.

“Ini baru sekitar 3 tahun, kalau yang tadi udah 17, 18 tahun,” jelasnya.

Namun stamina yang lain yang tak kalah penting, sebut Jokowi, yakni bisa ngleremke ati lan pikiran (memperbaiki hati dan pikiran, red) itu sulit. “Yang sulit di situ, difitnah ya senyum, dihina-hina ya senyum, dimaki-maki ya senyum, direndahkan orang ya senyum gitu aja,” tuturnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi kebiasaannya untuk bekerja keras itu sudah lama, karena dulunya sebagai seorang pengusaha yang produknya diekspor juga harus on time delivery. Karena itu, Presiden mengaku biasa bekerja dari subuh sampai tengah malam, bahkan subuh sampai subuh biasa.

“Saya pernah saat dolar waktu tinggi-tingginya di tahun 1998, nggak pulang saya kerja, tidur mungkin hanya 1 – 2 jam di pabrik, karena saya tahu ini, nggak ini akan muncul kesempatan seperti yang kedua. sehingga saya gunakan kesempatan itu menaikkan kapasitas produksi dengan yang biasanya 1 sift jadi 3 sift,” ungkapnya seraya menambahkan, sudah biasa tidur sejam, dua jam.

Mengenai badannya yang tetap seperti sekarang, sejak jadi Walikota Solo, Presiden menjelaskan, kadang-kadang kalau kelihatan gemuk itu bukan badannya, tapi karena bajunya digedein.

Namun dia menekankan, yang paling olahraga, sebagaimana dilakukannya seminggu 2 (dua) kali jogging. Sementara di sisi lain, setiap hari dirinya juga jalan ke mana-mana, entah berapa kilo sisa sehari jalan.

Yang pasti, lanjut Jokowi, kalau sudah masuk ke hotel masuk ke rumah itu pasti sudah tengah malam. Seperti waktu dari Rembang masuk ke hotel di Surabaya itu sudah jam 01.00, terus habis subuh sudah keluar lagi. “Ya seharianya seperti itu, dan kalau udah masuk hotel kan neggak mungkin langsung tidur kan. Emang tidurnya sedikit tapi yang penting kualitasnya betul,” tuturnya. (goek)