Jajal Tantangan Kelud Adventure, Kusnadi: Luar Biasa!

KEDIRI – Ketua PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi, Minggu (24/9/2017) menjajal tantangan menikmati keindahan wisata Gunung Kelud dengan menumpang jeep offroad.

Cara menikmati alam dengan lebih baik di salah satu gunung aktif ini dilakukan Kusnadi, sebelum mengunjungi Trenggalek.

Tidak hanya Kusnadi yang melakukan petualangan offroad melintasi rute perkebunan di lereng Gunung Kelud hingga ke kawasan dekat kawahnya.

Selama menuju puncak hingga kembali ke lokasi awal dekat lapangan parkir kawasan wisata Gunung Kelud, dia diiringi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri H Sutrisno, dan Sekretaris DPC Sulkani, serta beberapa pengurus PDIP setempat.

“Luar biasa,” ucap pria yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini, saat rehat usai menikmati paket wisata “Kelud Adventure”.

Menurut Kusnadi, apa yang dilakukan Pemkab Kediri di bawah kepemimpinan bupati yang kader PDI Perjuangan, yakni menggarap potensi wisata Gunung Kelud dengan serius, sebagai inovasi luar biasa.

Sebab, destinasi wisata di Kelud dengan bermacam paket wisata tersebut tidak hanya menjadi salah satu sumber pemasukan daerah bagi Pemkab Kediri, namun juga bisa meningkatkan ekonomi warga sekitarnya.

Dia menyaksikan dan mengalami sendiri perjalanan menantang menuju kawasan kawah Kelud dengan kendaraan offroad. Paket perjalanan menggunakan jeep melalui rute di tengah perkebunan ini saja sudah bisa dijual.

“Belum lagi panorama di sekitarnya yang benar-benar eksotik, di kawasan puncak gunung berapi aktif,” ujarnya.

Saat ini, kawasan puncak Gunung Kelud dekat kawah, ujarnya, sementara belum bisa dicapai para wisatawan karena sedang diperbaiki infrastrukturnya agar benar-benar aman dan nyaman bagi pengunjung.

Pemkab Kediri, sebut Kusnadi, juga membangun tempat-tempat lain di kawasan puncak Kelud sebagai obyek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti agrowisata Kampung Anggrek.

Pembenahan kawasan wisata Gunung Kelud, lanjut Kusnadi, tentu bisa menarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kalau makin banyak wisatawan yang datang, mereka pasti butuh makan, minum, dan oleh-oleh seperti suvenir. Nah, inilah peluang sangat bagus untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini juga sejalan dengan program Pemprov Jatim,” terang Kusnadi.

Sedang Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Sulkani pun menyatakan sangat mendukung upaya Pemkab Kediri dalam membenahi kawasan wisata Gunung Kelud.

“Kami mendukung upaya pemkab, yakni bagaimana Gunung Kelud setelah meletus, itu tidak menjadi musibah bagi masyarakat sekitarnya. Tapi insya Allah malah jadi berkah,” ucapnya.

Pihaknya mendukung karena langkah Pemkab Kediri ini juga secara tak langsung mendongkrak ekonomi kerakyatan dengan adanya pasar UMKM yang menyediakan makanan, minuman, suvenir, maupun produk khas Kediri lainnya.

“Kami juga berharap Kelud ini juga jadi salah satu tujuan wisata tidak hanya andalan bagi Kediri, namun juga bagi Jawa Timur,” harap Ketua DPRD Kabupaten Kediri ini. (goek)