Jago PDI Perjuangan Daftar pada Hari Pertama Pendaftaran

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, semua bakal calon kepala daerah yang diusung Partainya akan mendaftar pada hari pertama masa pendaftaran peserta Pilkada 2020, pada Jumat, 4 September 2020 mendatang.

Pendaftaran itu bakal dilakukan secara serentak di seluruh daerah penyelenggara pilkada setelah waktu Shalat Jumat.

“PDI Perjuangan akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada tanggal 4 September 2020, itu bertepatan dengan hari Jumat,” kata Hasto saat di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2020).

“Sehingga nanti setelah Jumatan kami menyisihkan waktu, Indonesia timur, tengah dan barat kami akan melakukan pendaftaran secara serentak,” tambah dia. 

Menurut Hasto, pekerjaan KPU daerah akan menjadi lebih mudah jika calon mendaftar pada masa awal pendaftaran. Oleh karenanya, Hasto berharap partai politik lain melakukan langkah serupa sebagaimana yang dijalankan PDIP.

“Kami juga berharap agar seluruh partai-partai politik juga punya spirit yang sama,” ujar dia.

Hasto juga berharap pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan baik meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

Dia yakin, dengan dukungan seluruh pihak, Pilkada 2020 bisa berjalan aman dengan tidak melupakan protokol kesehatan pencegahan penularan virus.

“Kita tentu saja mampu menjalankan itu dan tentu saja dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19,” kata Hasto.

Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah di Indonesia , meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020.

Tahapan Pilkada lanjutan pasca penundaan telah dimulai pada 15 Juni 2020.  (goek)