Jadikan Natal Momen Perkuat Solidaritas Kebangsaan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menghadiri perayaan Natal 2018 di Manado, Sulut, beberapa hari lalu

JAKARTA – Atas nama Partai, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengucapkan selamat Natal 2018 kepada umat Kristiani.

Dia menyebutkan, hari raya yang jatuh pada 25 Desember ini juga menjadi momen untuk menguatkan solidaritas. Pasalnya, Bangsa Indonesia tengah berduka dengan adanya bencana tsunami Selat Sunda.

“Natal menjadi jalan memperkuat solidaritas kebangsaan dan komitmen kemanusiaan, terlebih bagi Bangsa Indonesia yang sedang berduka akibat bencana tsunami di Banten dan Lampung. Solidaritas Natal, ditujukan untuk secepatnya membantu korban bencana tsunami tersebut,” ucap Hasto, Selasa (25/12/2018).

Dia mengungkapkan, PDIP sudah mengirimkan organisasi sayapnya, yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk ikut menangani tanggap darurat di lokasi bencana tsunami. Di lapangan, Tim Baguna bekerja sama dengan Basarnas, BNPB, pemerintah daerah setempat, dan seluruh lapisan masyarakat.

Bukan hanya itu, lanjut dia, Megawati pun juga turun langsung untuk mengoordinasikan bantuan yang akan diberikan bagi para korban tsunami. “Ibu Megawati Soekarnoputri turun tangan secara langsung, termasuk mengoordinir bantuan, khususnya bagi perempuan dan anak-anak,” ungkap Hasto.

Dorong Penguatan Mitigasi

Selain itu, lanjut dia, perhatian Megawati terhadap masyarakat sangatlah besar. Megawati sudah berkali-kali mengingatkan akan bahayanya Gunung Anak Krakatau.

“Perhatian beliau sangat besar, mengingat beberapa kali Ibu Megawati sudah mengingatkan bahaya Anak Krakatau. Kerja Baguna kami maksimalkan sebagai jalan kemanusiaan partai, untuk menolong rakyat yang menjadi korban, tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya,” jelas Hasto.

Karena itu, dia berharap perayaan Natal kali ini bisa jadi momen mempersatukan elemen masyarakat Indonesia, membangun kesadaran bersama terhadap berbagai kemungkinan bencana alam. “Penguatan sistem deteksi dini dan mitigasi bencana sebagai upaya mengurangi korban akibat bencana alam sangatlah penting. Misi penyelamatan dan mengurangi korban inilah yang menjadi spirit natal. Sebab Natal adalah perjuangan mencintai kehidupan,” tuturnya. (goek)