Ini, Poin-poin Rekomendasi Rakernas IV

pdip jatim - puan baca rekomendasi rakernas4SEMARANG – Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center Semarang ditutup, Sabtu (20/9/2014) malam. Sebelum ditutup, Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPP PDI Perjuanganyang juga Ketua Panitia Pelaksana Rakernas IV Puan Maharani membacakan pernyataan sikap dan rekomendasi.

Pernyataan sikap dan rekomendasi hasil Rakernas IV sebanyak 10 lembar, namun Puan hanya membaca garis besarnya. Poin-poin Rekomendasi Rakernas IV PDI Perjuangan 2014 itu sebagai berikut:

1. PDI Perjuangan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Indonesia, atas dukungan yang diberikan sehingga mampu memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

2. Rakernas IV secara bulat dan aklamasi mengusulkan Megawati Soekarnoputri untuk memimpin PDI Perjuangan periode 2015-2020 yang akan diputuskan dan ditetapkan pada Kongres IV tahun 2015.

3. Mendorong pemerintah untuk konsisten menjalankan pemerintahan berdasarkan Trisaksi: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam budaya.

4. Mendukung visi dan misi pemerintah Joko Widodo – Jusuf Kalla tahun 2014-2019 yang disebut dengan “Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian”.

5. Mendukung pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dengan cara menata sistem pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam satu sistem pendidikan nasional.

6. Mendukung pemerintah untuk mengatasi ancama krisis energi dan ekonomi sebagai akibat naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan gas, serta membengkaknya defisit transaksi berjalan, melemahnya nilai mata uang rupiah, utang luar negeri yang sangat besar, dan ketergantungan terhadap produk impor pangan.

7. Mendukung pemerintah yang berkomitmen untuk mengimplementasikan reforma agraria.

8. Mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur tol laut dan rel ganda kereta api (double track train) sehingga distribusi barang antar wilayah dan anatar pulau di Indonesia berjalan lancar.

9. Mendorong pemerintah untuk melakukan perlindungan (khususnya perlindungan hukum) bagi warga negara yang menjadi korban konflik sosial, ataupun perlakuan tidak adil yang dialami warga bangsa (TKI) yang bekerja di luar negeri, termasuk mahasiswa yang belajar di luar negeri.

10. Menentang kebijakan politik yang memiskinkan kaum buruh dan pekerja Indonesia.

11. Mendukung pemerintah untuk berani bersikap tegas dalam menegakkan hukum terhadap pihak-pihak yang mengancam kebebsan memeluk agama dan kepercayaan, serta beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya, sebagaimana diamanatkan konstitusi.

12. Mendukung pemerintah untuk memberi perhatian yang serius dengan mencari penyelesaian yang adil dan komprehensif melalui dialog yang bermartabat dengan melibatkan tokoh-tokoh dan elemen masyarakat di daerah konflik yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

13. Mendukung pemerintah membangun sistem politik luar negeri bebas aktif dan mampu meningkatkan daya tawar Indonesia di tingkat internasional.

14. Mendukung pemerintah untuk mengedepankan identitas Indonesia sebagai negara kepulauan dalam diplomasi internasional dan kerja sama internasional, untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

15. Mendukung pemerintah untuk menyiapkan syarat-syarat menyongsong bonus demografi 2020-2035.

16. Mendorong pemerintah untuk bersama-sama dengan komunitas dunia melalui PBB, untuk meningkatkan peran aktif dalam mendukung terwujudnya Negara Palestina Merdeka.

17. Mendorong pemerintah untuk bersama-sama dengan komunitas dunia melalui PBB, untuk memerangi segala bentuk tindakan terorisme yang mengancam keselamatan dan perdamaian dunia.

18. Mendukung sikap pemerintah meningkatkan kerja sama dalam memerangi mafia pengedar narkoba dan psikotropika yang merusak generasi bangsa dan peradaban dunia.

19. Rakernas IV PDI Perjuangan mengusulkan kepada Presiden dan Wapres Terpilih, Ir Joko Widodo dan Drs M Jusuf Kalla untuk memberi nama kabinet yang akan dipimpinnya dengan nama Kabinet Trisakti.

20. Rekomendasi berkaitan dengan politik yang akan diperjuangkan Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

21. Mendukung pemilu kepala daerah secara langsung.

22. Mendukung pemerintah Jokowi-JK untuk meluruskan dan menuntaskan agenda reformasi yang telah melenceng dari harapan rakyat, merombak paradigma pembangunan Indonesia menjadi paradigma pembangunan Indonesia setuhnya berdasarkan Trisakti, dan menuntaskan krisis pangan, energi, sosial, politik, ekonomi, dan budaya Indonesia.

23. Mendukung pemerintahan Jokowi-JK untuk memperkuat karakter kebangsaan.

24. Mendukung semua upaya pemerintahan Jokowi-JK dalam rangka memastikan keberhasilan pemerintahan baru.