Ini, Kriteria Utama Pimpin Bangsa Besar

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menegaskan bahwa debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019) malam dengan tema energi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pangan dan infrastruktur tidak hanya bicara gagasan, program, dan rekam jejak pemimpin.

Menurut Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, penghayatan atas seluruh tema debat dalam visi misi, program, dan agenda strategis memerlukan topangan karakter dasar pemimpin sebagai hal yang sangat fundamental.

Sebab, jelas Hasto, karakter pemimpin akan menentukan watak kebijakan dan arah pembangunan masa depan bangsa.

Hasto menyebutkan, pemimpin berkarakter baik dimulai dari pemikiran yang positif, dan tindakan positif dan dengan demikian memiliki kebiasaan yang baik.

“Ini sebagai syarat dijalankannya strategi kebijakan pemerintah, yang pada dasarnya adalah strategi kebudayaan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Hasto, Minggu (17/2/2019)

Sekjen PDI Perjuangan ini menekankan, kepemimpinan Jokowi-KH Ma’ruf Amin adalah kepemimpinan baik; keluarganya baik-baik; programnya baik dan tidak punya rekam jejak buruk di masa lalu.

“Hal-hal baik inilah yang menjadi energi positif bagi debat Pak Jokowi nanti malam. Inilah modal dasar terpenting dalam debat, materi debat hanya konsentrasi kebijakan, namun karakter pemimpin inilah yang menjadi basis kultural keberhasilan seorang pemimpin. Karena itulah yang dilihat dari pemimpin itu karakternya,” tuturnya.

Pihaknya memastikan  bahwa Jokowi siap lahir dan batin dalam debat kedua. “Kekuatan doa dan kerja; kerja dan doa bersama KH Maruf Amin semakin menegaskan, bahwa apapun tema debatnya, politik itu persoalan hati. Dengan pikiran,  hati dan karakter yang baik inilah Pak Jokowi-KH Maruf Amin akan memimpin dan membawa kemajuan Indonesia Raya,” pungkas Hasto.

Debat kedua pilpres malam ini mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Dalam debat kali ini hanya calon presiden yang akan beradu argumen, program, dan gagasan. Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta dan disiarkan empat stasiun televisi, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. Debat akan dimoderatori oleh dua pembaca berita iNews TV, yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (guh)