Ini, Kontribusi Nyata Para Pengusaha untuk Menangkan 01

JAKARTA – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengajak para pengusaha pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin berkontribusi nyata bagi pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 itu.

Tak hanya mengajak keluarga dan kerabat, dia juga minta para pengusaha memastikan para karyawan mereka turut memilih Jokowi-Ma’ruf saat coblosan pilpres 17 April mendatang.

“Kita pastikan karyawan kita melangkah ke TPS dan mencoblos 01. Itu baru dukungan kita ada manfaatnya,” kata Rosan dalam deklarasi dukungan 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Rosan mengatakan, waktu mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) mungkin hanya menghabiskan waktu lima menit. Namun, waktu yang singkat itu akan menentukan nasib bangsa ke depan.

Menurut dia, para pengusaha tak perlu lagi ragu untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf karena kinerja dan prestasi petahana yang tak perlu diragukan.

“Tapi tidak perlu saya sebutkan disini capaian-capaian pemerintah, karena bisa dua hari dua malam tidak selesai nanti,” kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini.

Setelah menyampaikan sambutannya, Rosan pun memimpin pengucapan deklarasi untuk Jokowi-Ma’ruf. “Kami pengusaha Indonesia mendukung terpilihnya kembali Ir Joko Widodo sebagai Presiden RI 2019-2024,” ucap Rosan diikuti para pengusaha yang hadir.

Di acara yang dihadiri pengusaha di antaranya Sofyan Wanandi, Ali Markus, Arifin Ponorogo, Boy Thohir, Hariadi Sukamdani, Rosan Roeslani, dan Anin Bakrie itu, Jokowi berjanji akan menurunkan pajak bagi korporasi.

“Kita ingin pajak kita tak memberatkan pengusaha tapi memberikan dorongan pada pengusaha agar mau berinvestasi. Jangan diteruskan ngejar pembayar pajak yang dari dulu itu-itu saja,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku sudah beberapa kali bertemu Apindo, Kadin, HIPMI, dan organisasi pengusaha lain untuk bicara bagaimana menurunkan pajak korporasi. Ia juga sudah meneruskan masukan dari para pengusaha kepada Kementerian Keuangan.

“Tapi saya enggak ngerti, sampai sekarang belum rampung. Saya enggak tau hitungannya seperti apa. Dari menteri keuangan, dari dirjen pajak, belum masuk ke meja saya,” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi memastikan bahwa pemerintah terus berupaya menciptakan iklim yang kondusif bagi para pengusaha. Jokowi juga mengingatkan para pengusaha pendukungnya yang hadir bahwa ia dulunya juga adalah pengusaha mebel.

“Sekali lagi, saya juga pengusaha. Saya merasakan apa yang bapak ibu rasakan. Tapi negara ini kapal besar tak mungkin semua diputuskan dalam tahap yang sama,” kata dia. Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan politisi PDI Perjuangan Pramono Anung. (goek)