Ini, Enam Paslon yang Direkom PDIP untuk Pilkada 2020 di Jatim

SURABAYA – PDI Perjuangan mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah se Indonesia, Jumat (17/7/2020), termasuk Jawa Timur. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari mengatakan, pengumuman hari ini adalah yang kedua, setelah sebelumnya pada 19 Februari 2020 lalu.

Untuk pengumuman kedua ini, total ada enam pasangan calon (paslon) kepala daerah di Jawa Timur. Di antaranya Kabupaten Kediri, Trenggalek, Mojokerto, Pasuruan, Blitar, dan Kota Pasuruan serta Kota Blitar.

Sebelumnya di gelombang pertama, rekomendasi calon kepala daerah diberikan untuk Kabupaten Malang, Sumenep dan Ngawi serta menyusul Banyuwangi.

Baca juga: Paslon Pilkada Sudah Diumumkan, PDIP Jatim Langsung ‘Tancap Gas’

“Jadi total yang sudah diumumkan DPP PDI Perjuangan di Jawa Timur ada 10 dari 19 calon kepala daerah,” kata Untari.

Sembilan daerah sisanya, termasuk kota Surabaya, rekomendasi calon kepala daerah diperkirakan turun pada Agustus mendatang. “Kemungkinan bulan Agustus, karena September sudah harus mendaftar ke KPU,” terang Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Mereka yang terpilih sebagai calon kepala daerah dari PDI Perjuangan, tambah Untari, wajib mengikuti tahapan selanjutnya. Seperti sekolah partai, yang bertujuan pada penekanan ideologi Pancasila dan implementasinya.

Seluruh calon juga diwajibkan menjalankan Dasa Prasetya, yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. “Kami juga minta mereka menjalankan amanat dan menjadi motor dalam kehidupan berdasar Bhinneka Tunggal Ika,” tambah dia.

Dari 19 gelaran pilkada, DPD Perjuangan Jawa Timur menargetkan 13 kemenangan atau sama seperti Pilkada 2015. “Target awal segitu, tapi kalau dipercaya memenangkan lebih dari itu ya alhamdulilah,” ucap perempuan yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) ini.

Sementara, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi menegaskan, target memenangkan 13 Pilkada 2020 di Jawa Timur merupakan amanat Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Itu ada perintah ibu Ketua Umum, jadi kami harus menangkan,” katanya.

Berikut adalah rekomendasi calon kepala daerah gelombang ke dua yang diumumkan secara virtual oleh DPP PDI Perjuangan, Jumat (17/7/2020) :

Kabupaten Kediri             : Hanindito Himawan Pramana – Dewi Mariya Ulfa

Kota Pasuruan                   : Raharto Teno Prasetyo – H. Mochamad Hasjim Asjari

Kota Blitar                           : Santoso – Tjutjuk Sunario

Kabupaten Trenggalek      : Mochamad Nur Arifin – Syah Muhammad Natanegara

Kabupaten Blitar                : Rijanto – Marhaenis

Kabupaten Mojokerto       : Pungkasiadi – Titik Mas’udah  (her)