Ingin Anak Warga Eks Lokalisasi Bisa Kuliah, Risma pun Siap Bikin SK Khusus Beasiswa

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ingin anak-anak di eks lokalisasi di Kota Pahlawan bisa menempuh pendidikan tinggi. Keinginan itu disampaikan Risma saat menghadiri buka puasa bersama warga eks lokalisasi Dupak Bangunsari, Surabaya, Jumat (10/5/2019).

Risma berharap, warga di eks lokalisasi Dupak Bangunsari bisa membantu pemerintah untuk mendorong putra-putri mereka agar mempunyai semangat menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Walaupun mereka bukan berasal dari keluarga orang kaya, Risma akan mengupayakan agar anak-anak yang tinggal di eks lokalisasi bisa mengenyam pendidikan dengan baik.

“Saya berharap putra-putri di sini bisa kuliah. Biar bisa mengubah hidup orangtuanya, tinggal kita mau apa tidak,” kata Risma.

Dia yakin dan percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin, selama Tuhan berkehendak, cita-cita semua orang bakal tercapai. Namun, dia minta para orangtua dan putra-putrinya mau berusaha untuk mengubah kehidupan yang lebih baik.

“Kita harus percaya tidak ada yang tidak mungkin, ayo kita ubah bersama. Tetap yakin, Allah memberikan kesempatan yang sama untuk semua manusia,” ujar Risma.

Sebagai upaya untuk mensejahterakan warga di eks lokalisasi itu, pihaknya juga bakal melakukan pendataan ke rumah-rumah warga. “Nanti kami dari Pemkot Surabaya akan datang ke tempat njenengan untuk mendata orang yang minta atau butuh pekerjaan,” katanya.

Jika diperlukan, dirinya bakal membuat Surat Keputusan (SK) Wali Kota yang mengatur tentang beasiswa khusus bagi warga di eks lokalisasi. Menurutnya, banyak program beasiswa dari Pemkot Surabaya yang bisa dimanfaatkan warga di eks lokalisasi.

“Di Dinas Sosial, Dinas Pendidikan ada beasiswa. Ini lagi saya rancang,” ungkap Risma.

“Jangan anaknya disuruh mencari uang kalau belum waktunya, biar anaknya sekolah dulu. Siapa tahu Desa Bangunsari ada yang jadi menteri, gubernur atau pengusaha,” sambungnya.

Dalam buka puasa yang diikuti tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga setempat ini, Risma mendorong warga agar mendukung langkah Pemerintah Kota Surabaya.

Salah satunya, warga ikut serta memberikan semangat kepada putra-putrinya supaya mau menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Wakil Ketua RW 004 Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Ahmad Suhadak sangat setuju dengan apa yang telah disampaikan Risma.

Dia pun mendukung penuh langkah pemkot untuk mewujudkan masyarakat berpendidikan tinggi, agar bisa membantu ekonomi keluarga kelak dan bisa lebih sejahtera.

“Harapannya warga Kota Surabaya bisa kerja semua dan terdidik semua. Bu wali kota ini adalah sosok figurnya orang Bangunsari. Kami bersyukur pemkot bisa bersinergi dengan masyarakatnya,” ujar Suhadak. (goek)