Indah: Jaga Etika, Kompetensi dan Integritas

OLYMPUS DIGITAL CAMERAANGGOTA Fraksi Perjuangan DPR RI Indah Kurnia mengatakan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan bagi perempuan yang terjun dan ingin lebih maju di dunia politik. Yakni etika, kompetensi dan integritas.

“Jika ingin berprestasi dalam segala bidang termasuk dalam bidang politik, kaum wanita harus menjaga tiga hal, yakni etika, kompetensi dan integrity,” kata Indah Kurnia, saat menjadi pembicara seminar memperingati Hari Perempuan Internasional 8 Maret, di auditorium IFI Surabaya pada Jumat (7/3).

Seminar bertajuk Peran Perempuan Dalam Politik itu kerja bareng She Radio bersama Institut Francais d Indonesise (IFI) Center de Surabaya. Selain Indah Kurnia, panitia seminar juga menghadirkan dua tokoh perempuan lainnya, yakni Hesti Armiwulan (caleg dari Partai Golkar) dan Wiwik Afifah (Koalisi Perempuan Indonesia).

Menurut Indah Kurnia, saat ini kesempatan sangat terbuka bagi perempuan terjun di dunia politik. “Untuk terjun ke dunia politik, tentu harus dibarengi dengan menunjukkan etika kompetensi dan integitas, tidak hanya menjadi pemanis,” ujar Indah, yang dalam Pemilu 2014 sebagai caleg DPR RI di dapil 1 (Surabaya-Sidoarjo) ini.

Sementara, Wiwik Afifah mengajak para perempuan di Indonesia untuk ikut serta mengawal para caleg perempuan yang akan menuju gedung dewan. Namun bukan asal pilih.

“Ini perlu dilakukan agar hak-hak perempuan di negeri ini betul-betul mendapatkan tempatnya. Dan tidak sekadar sebagai asesoris semata bagi gedung dewan dan peta politik yang memang didominasi kaum laki-laki,” kata Wiwik.

Para perempuan, lanjut dia, justru seharusnya memang mendukung dan memilih para calon legislatif perempuan. “Karena para perempuan juga yang mengerti dan memahami bagaimana sejatinya peran perempuan dan apa kebutuhan perempuan,” terangnya. (mwp)