Hitung Cepat LSI: PDIP Unggul di 17 Provinsi

JAKARTA – Hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyimpulkan, PDI Perjuangan menjadi pemenang Pemilu 2019 dengan perolehan suara terbanyak yakni sebesar 19,8 persen. Partai pemenang Pemilu 2014 ini, unggul di 17 provinsi di Indonesia.

“Keunggulan PDIP salah satunya karena memiliki asosiasi dengan pasangan capres dan cawapres yakni Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar saat merilis hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2019 di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Disebutkan, tingkat partisipasi pemilih mencapai 80,73%, dengan data sampel yang masuk sudah 100%. Teknik pengambilan sampel melalui multistage random sampling dengan jumlah sampel 2.000 TPS.

Menurut Rully, sampel TPS tersebar secara proporsional berdasarkan provinsi di Indonesia.

17 Provinsi kemenangan PDIP, sebut Rully, yakni Sulawesi Barat, Banten, Riau, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Lampung Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, DIY, Maluku, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Dalam hasil hitung cepat itu, peringkat kedua diduduki Partai Gerindra dengan 12,5% suara, lalu peringkat ketiga Partai Golkar sebesar 12,21%. Setelah itu ada PKB dengan 9,56%. Sedangkan Partai Nasdem menghuni posisi kelima dengan 8,53% suara.

Setelah itu, PKS menempati posisi keenam dengan 8,04%, kemudian posisi ketujuh ditempati Partai Demokrat dengan 6,81%. Dua partai terakhir yang masih masuk dalam ambang parliamentary threshold (PT) sebesar 4% adalah PAN dengan 6,16% dan PPP dengan 4,34%.

Sedangkan Perindo berada di urutan 10 dengan 3,18% suara. Namun karena adanya margin of error sebesar 1%, Perindo masih berpeluang melaju ke Senayan.

Hasil hitung cepat sekaligus menyingkirkan enam partai peserta pileg sisanya. Partai-partai itu adalah Partai Berkarya (2,41%), Partai Solidaritas Indonesia (2,35%), Partai Hati Nurani Rakyat (1,85%), Partai Garuda (0,98%), Partai Bulan Bintang (0,90%), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (0,38%).

LSI Denny JA mencatat, Gerindra menang di empat provinsi yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat. Lalu Demokrat menang di satu provinsi yaitu Kalimantan Utara.

Kemudian Golkar menang di delapan provinsi yaitu Jambi, Sulsel, Sumsel, Sultra, Kaltim, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat.

Selain itu, Nasdem menang di dua provinsi yaitu Sulteng dan NTT, sedangkan sisanya yakni PAN menang di Bengkulu. (goek)