Hasto Plt Sekjen DPP PDI Perjuangan

Hasto saat di makam BKJAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menunjuk Hasto Kristiyanto sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan. Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan itu menggantikan Tjahjo Kumolo yang menjadi Menteri Dalam Negeri pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menurut Tjahjo Kumolo, setelah dilantik sebagai Mendagri, dia langsung mengundurkan diri dari jabatan Sekjen PDI Perjuangan. “Sekarang Hasto ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen,” jelas Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Baca juga: Tjahjo dan Puan Siap Lepas Jabatan Partai

Dia mengungkapkan, konsultasi pengunduran dirinya sebagai Sekjen disampaikan ke Megawati tidak lama setelah dilantik sebagai Mendagri pada 27 Oktober 2014 lalu. Megawati, jelas Tjahjo, berhak menunjuk pengganti dirinya sesuai mandat Kongres Bali 2010 yang memberikan wewenang pada Ketua Umum PDI Perjuangan untuk memilih dan melantik personalia dewan pimpinan pusat (DPP).

Penetapan Hasto sebagai Plt Sekjen diputuskan dalam rapat pleno DPP PDI Perjuangan, Kamis (30/10/2014). Dalam pleno itu juga Tjahjo dinyatakan tidak aktif sebagai Sekjen dan pengurus DPP PDI Perjuangan.

Pada 28 Oktober, dia juga sudah mengajukan pengunduran sebagai anggota DPR kepada Megawati, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI. Dan partai, imbuhnya, dapat segera menetapkan pergantian antarwaktu (PAW) untuk mengganti dirinya sebagai anggota DPR. (pri/*)