Hasto: Penentu Kemenangan Pilkada adalah Kerja Riil di tengah Rakyat

SIDOARJO – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan penentu kemenangan dalam Pilkada Serentak 2020 adalah kerja riil di tengah rakyat, bukan besarnya dana kampanye yang dimiliki.

Untuk itu, dia menyerukan kepada seluruh pengurus dan kader partai untuk mengobarkan elan perjuangan dalam wujud kerja keras dalam pemenangan pilkada serentak 2020.

Demikian, lanjut Hasto, pesan dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang disampaikannya di sela rapat konsolidasi organisasi internal partai pemenangan pilkada Kota Surabaya dan Kabupaten Pacitan, yang digelar di Hotel Utami, Sidoarjo, Jumat (23/10/2020).

“Salam dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau selalu mengingatkan bahwa seluruh anggota dan kader Partai tidak boleh terlena akibat kemenangan pemilu dua kali-berturut-turut. Elan perjuangan harus semakin berkobar, terlebih di tengah tantangan ideologis dan juga tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak ringan akibat Pandemi Covid-19,” kata Hasto.

Dia mengatakan bahwa pengurus dan kader PDI Perjuangan tak perlu gentar dikeroyok oleh pasangan calon yang diusung banyak partai lain. Tak perlu juga gentar melawan kekuatan kapital pasangan calon yang merupakan lawan di pilkada.

“Jangan pernah gentar, karena sejarah partai kita adalah sejarah perjuangan bersama rakyat,” tegasnya.

Bagi PDI Perjuangan, tambah dia, penentu utama kemenangan adalah sejauh mana struktur partai dan jejaring relawan bekerja di tengah rakyat.

Hasto juga mengingatkan para kader agar tidak menggunakan kekuatan uang atau money politic, hukum, atau kecurangan lainnya dalam berjuang, karena itu bukanlah karakter PDI Perjuangan.

Melainkan berjuang meraih kemenangan dengan penuh keyakinan, ide/gagasan, serta semangat yang terus berkobar.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan bahwa calon kepala daerah di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang diusung partai berlambang banteng moncong putih ini kesemuanya siap bertempur untuk memenangkan Pilkada serentak.

Dia pun optimistis, pihaknya bisa mencapai target kemenangan yang diberikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menang di 13 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Tidak ada satupun calon di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang kita usung memiliki daya juang rendah. Semuanya memiliki daya juang tinggi dan siap tempur pada Pilkada serentak 2020 mendatang,” ujar Untari. (dhani)