Hasto: Penampilan Kiai Ma’ruf di Luar Dugaan, Fokus, dan Visioner

JAKARTA — Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menilai, penampilan Cawapres Ma’ruf Amin dalam penampilannya di pada debat ketiga di luar dugaan banyak orang, fokus dan visioner.

Debat ketiga yang mempertemukan Ma’ruf dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, Minggu (17/3/2019) malam, membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya.

Menurut Hasto Kristiyanto, Ma’ruf mampu menjelaskan dengan baik sejumlah isu kekinian seperti, 10 years challenge, stunting, platform digital, hingga rencana membuat opera house yang lebih hebat dari yang ada di Sydney, Australia.

“Jawaban-jawaban Kiai Ma’ruf ini menjadikan dia tampil lebih unggul dari Sandiaga Uno, yang praktis tanpa terobosan,” kata Hasto.

Dia mengatakan, pada debat ketiga Ma’ruf menunjukkan jari diri ke-Indonesia-an. “Islam dihayati sebagai nilai, sebagai kekuatan pembawa kebaikan bagi semua orang dan seluruh isi alam raya. Islam dalam diri Kiai Maruf berkolaborasi sempurna dengan kemajuan, modernitas, dan tetap genuine dalam balutan tradisi nusantara,” ujarnya.

Sekjen PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi pernyataan tegas yang disampaikan Ma’ruf untuk memerangi hoaks yang dinilai membunuh peradaban.

“Terbukti bahwa karakter jauh lebih penting daripada tampilan. Terbukti bahwa visi dan jiwa muda jauh lebih penting daripada sekadar berpenampilan muda, tapi miskin kebijaksanaan,” ucapnya.

Sementara itu, dalam debat ketiga di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam, Ma’ruf Amin di antaranya menekankan agar masyarakat saat ini tidak perlu khawatir untuk urusan pendidikan dan kesehatan.

“Kepada anak-anakku semuanya, saya nyatakan kalian jangan takut untuk bermimpi, jangan takut untuk bercita-cita,” ucap Ma’ruf.

“Orang tua tidak perlu khawatir akan masa depan anaknya. La tahzan (jangan takut),” imbuh Ma’ruf.

Ma’ruf juga menyampaikan, siap melanjutkan program Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Dia bertekad bersama Jokowi akan terus menerapkan program kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, dan sosial-budaya yang dimiliki Jokowi-JK.

“Kalian jangan takut dan jangan sedih, karena sekarang negara telah hadir dan negara akan terus hadir membantu kalian,” ucap Ma’ruf. (goek)