Hasto: PDIP dan Paslon 01 Siap Kedepankan Rekonsiliasi

JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya dan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, siap mengedepankan rekonsiliasi apabila benar-benar terpilih sebagai pemenang Pemilu 2019 seperti yang kerap disebut beberapa lembaga survei.

Sebab itulah, PDI Perjuangan mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga suasana selalu kondusif jelang hari Pemilihan Umum 2019. Hasto mengatakan pemilu harus menjadi momen persatuan bagi bangsa.

“Semua tetap kedepankan persatuan Indonesia. Pancasila perekat kehidupan berbangsa. Saatnya rekonsiliasi kita kedepankan sebagai hal utama,” ujar Hasto, Senin (15/4/2019).

Hasto mengatakan, sejarah kemerdekaan Indonesia mengajarkan tentang pentingnya persatuan bangsa. Oleh karena itu, pemilu harus dilakukan dengan mengedepankan semangat itu.

Imbauannya agar masyarakat menjaga suasana kondusif juga untuk mencegah hoaks dan fitnah jelang pemilu. Menurut dia, hoaks adalah salah satu faktor yang bisa memecah belah bangsa.

“Bagi mereka yang masih rajin keluarkan hoaks dan fitnah maka akan berhadapan dengan kekuatan rakyat yang maha dahsyat. Sebab rakyat menjadi benteng sejati persatuan itu,” ujar Hasto.

Dalam pelaksanaan pemilu nanti, dia optimistis pesta demokrasi akan berlangsung aman, damai, dan demokratis.

“Indonesia lahir karena gemblengan sejarah dengan hasrat kuat untuk merdeka sejati-jatinya didorong oleh perasaan senasib sebagai bangsa terjajah,” katanya.

Sejarah mengajarkan pentingnya persatuan bangsa. Karena itulah pemilu harus kedepankan semangat persatuan dan persaudaraan.

“Pemilu adalah alat untuk mencari pemimpin rakyat, pemimpin bangsa dan negara,” tuturnya. (goek)