Hasto: PDI Perjuangan Dukung Buruh Perjuangkan Haknya

image

JAKARTA – PDI Perjuangan mendukung upaya buruh mendapatkan hak-haknya. Pernyataan dukungan itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melalui siaran persnya, Jumat (1/5/2015).

Menurut Hasto, ketidakadilan masih menimpa banyak buruh di Indonesia. Dan dalam praktiknya, ketidakadilan itu diterima buruh melalui kebijakan-kebijakan ketenagakerjaan.

“Negara tidak mungkin sejahtera bila kaum buruh tidak sejahtera. PDI Perjuangan mendukung perjuangan buruh mendapatkan haknya,” kata Hasto.

Dia mendorong agar buruh terus berjuang sambil diimbangi dengan peningkatan daya tawar untuk mendapat kesejahteraan. Hasto juga mengatakan, buruh berhak mendapatkan jaminan kesehatan, pendidikan untuk anak-anaknya, dan fasilitas tempat tinggal.

Seruan ini, jelasnya, sejalan dengan keputusan Kongres IV PDI Perjuangan yang mendorong lahirnya undang-undang tentang perlindungan pekerja rumah tangga dan ketenagakerjaan, UU kewirausahaan, serta revisi UU tentang penempatan dan perlindungan tenaga kerja di luar negeri.

Hasto juga menyebut, komitmen terhadap buruh merupakan perintah konstitusi. “Buruh merupakan elemen penting untuk membangun kedaulatan ekonomi,” tutupnya. (pri/*)