Hasto: Megawati Masih Dibutuhkan untuk Menjaga Soliditas

pdip jatim - megawati sJAKARTA – Plt Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto mengatakan, Megawati Soekarnoputri masih dibutuhkan untuk menjaga soliditas partai. Lebih-lebih di saat PDI Perjuangan menghadapi masa transisi, dari partai ‘oposisi’ menjadi partai pemerintah.

“Di masa transisi ini kita masih membutuhkan ketokohan Bu Mega. Ini diperlukan untuk menjaga perjuangan Bung Karno di dalam tubuh PDI Perjuangan,” kata Hasto kepada wartawan di sela-sela peresmian rumah Kelompok Banteng Muda di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Hasto memastikan, Megawati akan kembali terpilih sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2015-2020 pada Kongres Bali April mendatang. Dia mengungkapkan, kepastian Mega sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan merupakan hasil keputusan rapat kerja nasional (rakernas) di Semarang beberapa waktu lalu.

Seorang Ketua Umum PDI Perjuangan, jelas Hasto, harus dapat menjaga prinsip-prinsip ajaran Bung Karno. Sosok Megawati Soekarnoputri-lah yang dianggap mumpuni dalam hal menjaga prinsip ajaran Bung Karno tersebut.

“Partai memang memerlukan kepemimpinan Ibu Megawati. Dan bangsa ini juga membutuhkan kekuatan penopang seperti parpol yang memiliki roh ideologi seperti PDI Perjuangan,” tandas Hasto.

Dia membantah kaderisasi kepemimpinan dalam partainya mandek terkait keputusan yang menetapkan Megawati sebagai ketua umum dalam Kongres IV nanti. Saat ini, katanya, justru PDI Perjuangan telah mampu menghasilkan banyak pemimpin.

Dia menyebutkan kader-kader PDI Perjuangan yang telah berhasil menjadi pemimpin berprestasi. Seperti Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. “Semuanya telah disiapkan oleh partai. Sehingga proses konsolidasi sudah berjalan dengan baik,” jelasnya. (pri/*)