Hasto: Kantor Partai Jangan Hanya Jadi Tempat Bicara Urusan Politik

LAMONGAN – Seribuan kader PDI Perjuangan Lamongan berkumpul di Gedung Pertemuan Wisma Persaudaraan Haji, Lamongan, Sabtu (15/7/2017). Mereka mengikuti konsolidasi internal yang dihadiri langsung oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi.

Menurut Ketua DPC PDIP Lamongan Reso Supranoto, pihaknya mengundang seluruh komponen Partai untuk acara ini. Di antaranya dari struktural DPC sampai Ranting, pengurus sayap-sayap partai, delapan badan partai, tiga departemen, pengurus komite, serta satgas.

Kusnadi dalam sambutannya memaparkan secara singkat geopolitik dari Lamongan. Di wilayah bagian selatan yang berbatasan dengan Mojokerto, kultur masyarakatnya termasuk abangan.

Sedangkan di utara, daerah pesisir relatif religius. “Selatan basisnya nasionalis, utara menjadi basis keagamaan,” kata Kusnadi.

Sekjen DPP Hasto Kristyanto dalam pengarahannya mengingatkan agar kader-kader Partai terus bergerak bersama kekuatan-kekuatan rakyat. “Jadikan rakyat sebagai sebuah semangat hidup, sebagai tempat pengabdian, sebagai dedication of life-nya seluruh kader Partai,” katanya.

Karena itu, pesan Hasto, sekretariat Partai mesti menjadi rumah bagi rakyat. Tempat mendidik rakyat, melakukan kaderisasi, dan mengelola organisasi.

“Kantor partai jangan hanya sekadar menjadi tempat berbicara urusan politik saja. Tapi jadikan juga tempat melatih rakyat dalam kegiatan-kegiatan ekonomi dan kewirausahaan,” ucap Hasto. (hs)