Hasto: Azwar Anas Sudah Lama Punya KTA PDIP

JAKARTA – Sebelum diputuskan menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Abdullah Azwar Anas sudah lama memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDI Perjuangan.

KTA PDIP ini dimiliki Anas sejak menjadi jago PDI Perjuangan di Pilkada Banyuwangi. Pada Pilkada Banyuwangi 2010 dan 2015, Azwar Anas diusung PDI Perjuangan dan berpasangan dengan kader PDIP, Yusuf Widyatmoko.

“Sudah, sudah beberapa sebelumnya karena beliau direkomendasikan sejak periode pengusungan kedua, dan sejak tahun 2009 atau 2010,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, kemarin.

“Soal KTA Pak Anas pertama memang pengalaman Pak Anas menjadi bupati itu diusung oleh PDIP yang pertama pada periode kedua juga,” tambah Hasto.

Selama ini, jelas Hasto, Anas juga sering berkonsultasi dengan Megawati dalam memberikan kebijakan ekonomi di daerah. Anas juga sering memberikan paparan di sekolah kader PDI Perjuangan.

Siang kemarin, DPP PDI Perjuangan memutuskan Gus Ipul dan Azwar Anas sebagai pasangan calon dalam Pilgub Jatim 2018. Pengumuman pasangan calon ini disampaikan langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputi di kantor DPP PDI Perjuangan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai pengumuman, Gus Ipul memuji PDI Perjuangan yang telah melakukan seleksi calon gubernur untuk Pilkada Serentak 2018 secara transparan dan konsisten.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan yang membuka kesempatan luas untuk mengikuti seleksi bakal calon calon kepala daerah,” kata Gus Ipul.

Pria yang masih menjabat Wakil Gubernur Jatim ini menyebutkan, kesempatan yang dibuka PDIP secara luas menjadi alasannya mendaftar dan mengikuti proses seleksi sebagai bakal calon gubernur dari awal hingga sampai pada keputusan.

“Proses seleksi yang transparan dan konsisten ini menunjukkan PDI Perjuangan adalah partai yang sehat. Alhamdulillah dari sejumlah nama yang mengikuti proses seleksi, PDI Perjuangan memutuskan memilih saya sebagai calon gubernur,” ujarnya.

Dia mengaku mendapat kehormatan diusung PDIP sebagai cagub Jatim dan bersyukur dipasangkan dengan Abdullah Azwar Anas. Menurut dia, Azwar Anas adalah salah satu bupati berprestasi di Jawa Timur karena berhasil memajukan Banyuwangi, baik dari sisi infrastruktur maupun perekonomian rakyat.

“Azwar Anas berhasil mengurangi jumlah penduduk miskin, memajukan ekonomi rakyat, dan meningkatkan frekuensi penerbangan ke Banyuwangi,” kata dia.

Gus Ipul juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama bekerja keras memenangkan Pilgub Jatim 2018. “Apalagi pesan ketua umum PDI Perjuangan, bukan sekedar memenangkan pilkada, tapi bagaimana memimpin daerah untuk mensejahterakan rakyat,” ucapnya.

Dia juga berjanji, jika terpilih akan bekerja nyata memajukan rakyat dan daerah, bukan hanya retorika. (goek)