Hasil Survei Jokowi-Ma’ruf Unggul di Jabar, Bambang DH: Kita Punya PR Besar di 9 Provinsi

JAKARTA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan Bambang DH mengatakan, pihaknya punya pekerjaan rumah (PR) besar untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di sembilan provinsi.

Pada pilpres 2014, Jokowi-Jusuf Kalla kalah di wilayah ini, yakni Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Gorontalo dan Kalimantan Selatan.

“Kita masih punya PR besar, terutama di sembilan provinsi. Pada pilpres 2014, kita kalah di wilayah tersebut,” kata Bambang dalam diskusi Peta Elektoral Capres dan Parpol di Jawa Barat di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Salah satu provinsi yang paling diwaspadai adalah Jawa Barat. Persentase terbesar kekalahan Jokowi pada 2014 terjadi di ‘Bumi Pasundan’.

“Tahun 2014, di Jawa Barat kalah dengan selisih hampir 4,6 juta suara. Makanya kita sangat concern dengan wilayah ini,” ujarnya.

Di Pilpres 2019, pihaknya optimistis pasangan Jokowi-Ma’ruf amin bakal menang di Jawa Barat. Sesuai survei Indopolling Network, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dibanding pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jawa Barat.

PDIP, tambah Bambang DH, optimistis bisa menjaga keunggulan itu hingga Pilpres 2019. “Kita lihat trennya ini sulit dibendung, kalau sudah naik tinggal dijaga kondisi itu,” kata dia.

“Kita optimistis di Jabar. Kita akan tidak mengulangi pilpres yang lalu. Kita akan menang,” sambung mantan Wali Kota Surabaya ini.

Sementara itu, dalam surveinya, Indopolling Network menyatakan, pasangan Jokowi-Maruf unggul tipis dari pasangan Prabowo-Sandi. Survei dilakukan di wilayah Jawa Barat selama 9-15 Oktober 2018 dengan mengajukan pertanyaan spontan atau top of mind ke responden.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error sebesar kurang-lebih 2,8%.

“Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 27% dan Prabowo-Sandi 21,4%,” kata Direktur Indopolling Wempy Hadir.

Namun Wempy mengatakan responden yang masih merahasiakan dan belum menentukan pilihan di Jawa Barat masih tinggi. Dia menyebut total responden yang mengatakan rahasia dan belum menentukan pilihan sebesar 51,6%.

“Menyatakan rahasia 22,4 persen dan belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab sebesar 29,2 persen,” tambahnya.

Selain itu, menurut Wempy, Indopolling melakukan survei dengan pertanyaan tertutup. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 28,8%, diikuti Prabowo-Sandi 23,7%, rahasia 29,8%, dan belum menentukan pilihan 17,8%.

“Tidak ada perubahan dukungan signifikan terhadap kedua paslon di pertanyaan tertutup. Undecided masih lebih tinggi, yakni 47,6%,” jelasnya. (goek)